Pengaruh keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah melalui kinerja guru terhadap implmenetasi kurikulum merdeka di sd negeri kota tual maluku / Nana Apriyana Djarwal - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah melalui kinerja guru terhadap implmenetasi kurikulum merdeka di sd negeri kota tual maluku / Nana Apriyana Djarwal

Djarwal, Nana Apriyana Djarwal (2024) Pengaruh keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah melalui kinerja guru terhadap implmenetasi kurikulum merdeka di sd negeri kota tual maluku / Nana Apriyana Djarwal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Djarwal Nana Apriyana. 2024. Pengaruh Keberhasilan Kepemimpinan Kepala Sekolah Melalui Kinerja Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri Kota Tual Maluku. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembinbing (I) Dr. R. Bambang Sumarsono S.Pd. M.Pd. (II) Dr. Sunarni S. Pd. M. Pd. Kata Kunci Kepemimpinan Kepala Sekolah Kinerja guru Kurikulum Merdeka Kepala sekolah menentukan keberhasilan pendidikan di sekolah. Aspek pendidikan yang mempengaruhi peningkatan kinerja guru adala kepala sekolah. Terlaksananya kegiatan pendidikan merupakan tanggung jawab dari kepala sekolah mengelola lembaga pendidikan mengembangkan tenaga kependidikan lainnya serta menggunakan dan memelihara sarana dan prasarana. Pendidik diharap untuk melaksanakan perubahan dalam proses pembelajaran sebagai bentuk Implementasi kurikulum merdeka guru harus lebih memahami siswa dalam penilaian formatif atau penilaian evaluasi untuk dapat mengambil tindakan dalam perencanakan pembelajaran di kelas karena dalam pembelajaran peserta didik dituntut tidak dianggap sama tetapi diperlakukan sesuai dengan kebutuhannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) tingkat keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri Kota Tual Maluku (2) tingkat kinerja guru di SD Negeri Kota Tual Maluku (3) tingkat keberhasilan implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Kota Tual Maluku (4) ada atau tidak ada pengaruh keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri Kota Tual Maluku (5) ada atau tidak ada pengaruh keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah terhadap implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Kota Tual Maluku dan (6) ada atau tidak ada pengaruh keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah melalui kinerja guru terhadap implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Kota Tual Maluku. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif-korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 315 guru. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Area Sampling dan Purposive Sampling. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan teknik tersebut diperoleh sampel sebanyak 176 guru. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik Excel SPSS dan SmartPLS SEM 4.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) tingkat keberhasilan Kepemimpinan Kepala Sekolah di SD Negeri Kota Tual Maluku dalam kategori baik (2) tingkat Kinerja Guru di SD Negeri Kota Tual Maluku dalam kategori baik (3) tingkat Keberhasilan Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri Kota Tual Maluku dalam kategori baik (4) Keberhasilan Kepemimpinan Kepala Sekolah memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru di SD Negeri Kota Tual Maluku dengan koefisien korelasi sebesar 0.749 (5) Keberhasilan Kepemimpinan Kepala Sekolah memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri Kota Tual Maluku dengan koefisien korelasi sebesar 0.771 dan (6) Keberhasilan Kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap implementasi kurikulum merdeka melalui kinerja guru di SD Negeri Kota Tual Maluku dengan koefisien korelasi sebesar 0.136. Berdasarkan Implikasi hasil penelitian maka adapun saran yang akan diuraikan sebagai berikut (1) bagi kepala dinas pendidikan kota tual maluku membuat kebijakan untuk pembinaan atau pendampingan kepada kepala sekolah secara kontinyu untuk keberhasilan kepemimpinan semakin baik dan kepada guru semakin tinggi kinerjanya dan implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri kota Tual Maluku semakin baik (2) bagi kepala sekolah SD negeri kota tual maluku meningkatkan kompetensi guru memotivasi guru serta dapat meningkatkan visi dan misi sekolah sehingga mutu pendidikan di sekolah SD Negeri Kota Tual Maluku semakin baik (3) bagi guru SD negeri kota tual maluku meningkatkan kapasitas untuk mendukung kinerja pada keprofesionalan bertanggung jawab melalui pelatihan seperti profesionalisme guru pelatihan pengembangan kurikulum dan pelatihan pembuatan media pembelajaran kreatif dan (4) bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan pengembangan penelitian dengan memperbanyak variabel lain seperti iklim sekolah budaya sekolah dan OCB atau bagi penelitian selanjutnya menggunakan tema yang berbeda lokasi dan metode atau pendekatan yang berbeda sehingga dapat menambahkan literasi pembahasan dan variasi topik penelitian kedepannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/306125

Actions (login required)

View Item View Item