Peningkatan profesionalisme guru dalam proses kepemimpinan pembelajaran (studi kasus di sekolah menengah atas negeri 2 malang) / Annisa Rahmadita - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan profesionalisme guru dalam proses kepemimpinan pembelajaran (studi kasus di sekolah menengah atas negeri 2 malang) / Annisa Rahmadita

Rahmadita, Annisa Rahmadita (2024) Peningkatan profesionalisme guru dalam proses kepemimpinan pembelajaran (studi kasus di sekolah menengah atas negeri 2 malang) / Annisa Rahmadita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Guru merupakan pendidik yang memiliki peran penting dalam mewujudkan keberhasilan pendidikan. Guru adalah pendidik profesional yang tidak hanya bertugas untuk mengajar saja namun juga bertanggung jawab untuk mendidik membimbing mengevaluasi dan menjamin hasil belajar siswa. Seiring dengan perkembangan zaman perlu adanya upaya bagi guru-guru dalam meningkatkan kualitasnya. Hal tersebut bertujuan agar para guru dapat beradaptasi dengan perkembangan sehingga mereka dapat meningkatkan profesionalitasnya. Bentuk profesionalisme guru tersebut cukup penting untuk mencapai tujuan sekolah sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Profesionalisme guru tersebut dapat tercipta karena adanya peran dari kepala sekolah. Dalam meningkatkan kualitas pendidikan kepala sekolah juga bertanggung jawab melalui aktivitas peningkatan mengajar guru. Salah satu kompetensi yang dianggap dapat memenuhi peran strategis kepala sekolah adalah melalui kepemimpinan pembelajaran. Kepemimpinan pembelajaran merupakan strategi kepala sekolah yang baik untuk menciptakan layanan pendidikan dengan optimal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji lebih dalam terkait dengan (1) karakteristik kepemimpinan pembelajaran Kepala SMAN 2 Malang dalam peningkatan profesionalisme guru (2) strategi peningkatan profesionalisme guru yang dilakukan oleh Kepala SMAN 2 Malang sebagai pemimpin pembelajaran (3) hasil dari pelaksanaan kegiatan peningkatan profesionalisme guru yang dilakukan oleh Kepala SMAN 2 Malang sebagai pemimpin pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis rancangan penelitian studi kasus yang membahas fenomena yang terjadi secara rinci yang berlokasi di SMAN 2 Malang. Peneliti menggunakan kepala sekolah sebagai informan kunci dan lima guru sebagai informan pendukung. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan secara sistematis mulai dari pengumpulan data kondensasi data penyajian data serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) kredibilitas yang mencakup perpanjangan waktu pengamatan triangulasi pengecekan anggota dan kecukupan bahan referensi (2) keteralihan (3) ketergantungan (4) kepastian. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini antara lain (1) karakteristik kepemimpinan pembelajaran yang diterapkan oleh Kepala SMAN 2 Malang dalam peningkatan profesionalisme guru yakni dengan menerapkan sikap peduli terhadap warga sekolah dan keikutsertaannya dalam manajemen pembelajaran. Karakteristik peduli terhadap warga sekolah ditunjukkan oleh Kepala SMAN 2 Malang dengan memberi teladan mengayomi warga sekolah vi dan ikut mengembangkan prestasi. Sedangkan karakteristik Kepala SMAN 2 Malang melalui keikutsertaannya dalam manajemen pembelajaran ditunjukkan dengan cara update terhadap informasi pembelajaran ikut dalam perencanaan pembelajaran melakukan penilaian dan supervisi pembelajaran melakukan evaluasi dan refleksi dalam pembelajaran serta melibatkan komite dan orang tua siswa dalam pembelajaran (2) strategi peningkatan profesionalisme guru yang dilakukan oleh Kepala SMAN 2 Malang sebagai pemimpin pembelajaran antara lain dengan mengadakan evaluasi bulanan peningkatan profesionalisme guru menyelenggarakan workshop peningkatan profesionalisme guru melaksanakan supervisi menyelenggarakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) mengadakan benchmarking untuk peningkatan profesionalisme guru serta menyelenggarakan seminar dan diseminasi peningkatan profesionalisme guru (3) hasil dari pelaksanaan kegiatan peningkatan profesionalisme guru yang dilakukan oleh Kepala SMAN 2 Malang sebagai pemimpin pembelajaran yakni adanya laporan penugasan yang disusun oleh guru terjadinya peningkatan kinerja guru meningkatnya prestasi guru meningkatnya prestasi siswa dan teraihnya prestasi sekolah. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka saran dari penelitian ini ditujukan kepada (1) Kepala SMAN 2 Malang untuk memperkuat peningkatan profesionalisme guru dengan mengoptimalkan kegiatan-kegiatan yang mendukung profesionalisme guru (2) guru SMAN 2 Malang untuk tetap konsisten mengikuti kegiatan profesionalisme yang diselenggarakan oleh sekolah guna mencapai tujuan pendidikan (3) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur sebagai bahan pengambilan kebijakan pendidikan terkait dengan peningkatan profesionalisme guru oleh kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah di tingkat SMA dan SMK (4) peneliti selanjutnya yang akan melakukan kajian yang sama untuk dapat mengembangkan penelitian lanjutan dengan mengkaji lebih mendalam mengenai peningkatan profesionalisme guru dalam proses kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/306123

Actions (login required)

View Item View Item