Inayah, Linda Nur Inayah (2024) Pengaruh kompetensi guru dan manajemen program akselerasi terhadap motivasi belajar peserta didik akselerasi di man se-kota malang / Linda Nur Inayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan berperan secara strategis dalam menyiapkan peserta didik untuk peran mereka di masa depan menjadi kunci penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta mencapai cita-cita bangsa Indonesia. Peserta didik yang memiliki potensi dan bakat istimewa cenderung dapat menguasai materi pelajaran dengan lebih cepat dibandingkan dengan teman sekelas yang mungkin memiliki tingkat pemahaman yang lebih rendah. Hal ini sering mengakibatkan peserta didik berpotensi harus menunggu peserta didik lain yang memiliki tingkat kemampuan dan kecerdasan yang lebih rendah. Keadaan ini dapat memicu perilaku yang tidak diinginkan dari peserta didik tersebut. Untuk mengatasi hal ini dikembangkanlah program akselerasi yaitu program pendidikan khusus yang diberikan kepada peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa memungkinkan mereka menyelesaikan masa belajarnya lebih cepat dibandingkan dengan peserta didik yang lain. Program akselerasi didasarkan pada prinsip akselerasi belajar yang bertujuan memberikan pelayanan pendidikan yang sesuai dengan potensi dan kecepatan pembelajaran peserta didik yang memiliki kecerdasan dan bakat istimewa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) tingkat kompetensi guru di MAN Se-Kota Malang (2) manajemen program akselerasi di MAN Se-Kota Malang (3) tingkat motivasi belajar peserta didik di MAN Se-Kota Malang (4) untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar peserta didik akselerasi di MAN Se-Kota Malang (5) pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar peserta didik akselerasi di MAN Se-Kota Malang (6) pengaruh kompetensi guru dan manajemen program akselerasi terhadap motivasi belajar peserta didik akselerasi di MAN Se-Kota Malang Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantiatif dengan rancangan deskriptif korelasi. Populasi pada penelitian ini berjumlah 105 dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh sehingga jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 105. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Lokasi penelitian di MAN Se-Kota Malang. Instrumen penelitian menggunakan angket tertutup. Analisis data dilakukan menggunakan angket tertutup. Analisis data dilakukan melaluiprogram IBM SPSS 20 for Windows dengan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Simpulan penelitian menghasilkan bahwa (1) tingkat kompetensi guru di MAN Se-Kota Malangtermasuk pada kategori sangat tinggi (2) tingkat manajemen program akselerasi di MAN Se-Kota Malang termasuk pada kategori sangat tinggi (3) Tingkat motivasi belajar peserta didik akselerasi di MAN Se-Kota Malangtermasuk pada kategori sangat tinggi (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara manajemen program akselerasi dan motivasi belajar peserta didik di MAN Se-Kota Malang hal ini berdasarkan signifikansi variabel manajemen program akselerasi (X2) sebesar 0 00 lt 0 05 atau 26 158 gt 1 98326. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa jika manajemen program akselerasi ditingkatkan maka motivasi belajar peserta didik akselerasi juga meningkat (5) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara manajemen program akselerasi dan motivasi belajar peserta didik di MAN Se-Kota Malang hal ini berdasarkan signifikansi variabel manajemen program akselerasi (X2) sebesar 0 00 lt 0 05 atau 26 158 gt 1 98326. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa jika manajemen program akselerasi ditingkatkan maka motivasi belajar peserta didik akselerasi juga meningkat dan (6) terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi guru dan manajemen program akselerasi terhadap motivasi belajar peserta didik akselerasi di MAN Se-Kota Malang berdasarkan perolehan nilai F hitung sebesar 362 066 nilai signifikansi sebesar 0 00 dan koefisien determinasi 0 562. Hal ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama kompetensi guru dan manajemen program akselerasi berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik dengan kontribusi sebesar 87 7%. Saran penelitian ini ditujukan kepada (1) Kepada Kepala MAN Se-Kota Malang untuk meningkatkan kompetensi guru dan manajemen program akselerasi agar peserta didik akselerasi lebih memiliki motivasi belajar yang tinggi . (2) bagi Guru MAN Se-Kota Malanguntuk meningkatkan kompetensinya agar motivasi belajar peserta didik akselerasi juga dapat meningkat. (3) Tenaga Aministrasi Sekolah untuk meningkatkan manajemen program akselerasi di sekolah agar motivasi belajar peserta didik akselerasi juga dapat meningkat. (4) Bagi peserta didik untuk lebih meningkatkan motivasi belajarnya ketika kompetensi guru dan manajemen program akselerasi sudah memadai. (5) Peneliti lain sebagai referensi kajian dan masukan yang digunakan untuk menyusun karya tulis lain yang penelitian yang relevan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/306120 |
Actions (login required)
View Item |