Hubungan kepemimpinan digital kepala sekolah di era education 4.0 terhadap literasi digital guru dimoderasi oleh variabel transformasi pembelajaran digital di sma negeri se-kota malang / Ka\'ab Inawan Amanu - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kepemimpinan digital kepala sekolah di era education 4.0 terhadap literasi digital guru dimoderasi oleh variabel transformasi pembelajaran digital di sma negeri se-kota malang / Ka\'ab Inawan Amanu

Amanu, Ka'ab Inawan Amanu (2024) Hubungan kepemimpinan digital kepala sekolah di era education 4.0 terhadap literasi digital guru dimoderasi oleh variabel transformasi pembelajaran digital di sma negeri se-kota malang / Ka\'ab Inawan Amanu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan tumbuh berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Era Education 4.0 muncul sebagai paradigma baru dalam dunia pendidikan. Proses pendidikan tentunya akan terjadi transformasi menanggapi adanya Era Education 4.0 transformasi pendidikan diperlukan untuk memanfaatkan teknologi yang terus berkembang pada Education 4.0 dalam konteks ini tercipta transformasi pembelajaran digital. Transformasi pembelajaran digital tentunya perlu didukung oleh kecakapan guru dalam menguasai teknologi. Literasi digital diperlukan untuk mengimplementasikan pembelajaran yang sebelumnya masih tradisional hingga bertransformasi menjadi pembelajaran digital. Kepala sekolah sebagai pemimpin di satuan pendidikan perlu menerapkan kepemimpinan digital. Kepemimpinan digital melibatkan pemanfaatan teknologi dalam proses manajemen peningkatan kualitas belajar peserta didik melalui transformasi pembelajaran digital peningkatan profesionalisme guru melalui literasi digital dan menciptakan lingkungan lembaga pendidikan yang lebih inovatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur dengan analisis Partial Least Square (PLS). Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri di Kota Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk google form dan angket kertas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis Partial Least Square (PLS) yang terdiri dari (1) outer model (2) inner model dan (3) uji hipotesis menggunakan bootstrap. Simpulan penelitian adalah (1) kepemimpinan digital Kepala sekolah di Era Education 4.0 di SMA Negeri se-Kota Malang berada dalam kategori sangat tinggi (2) transformasi pembelajaran digital di SMA Negeri se-Kota Malang berada dalam kategori sangat tinggi. (3) literasi digital guru di SMA Negeri se-Kota Malang berada dalam kategori sangat tinggi. (4) Terdapat hubungan positif dan signifikan kepemimpinan digital Kepala sekolah di Era Education 4.0 dan literasi digital guru di SMA Negeri se-Kota Malang (5) Terdapat hubungan positif dan signifikan kepemimpinan digital Kepala sekolah di Era Education 4.0 dan transformasi pembelajaran digital di SMA Negeri se-Kota Malang (6) terdapat hubungan positif dan signifikan transformasi pembelajaran digital dan literasi digital guru di SMA Negeri se-Kota Malang (7) terdapat hubungan positif dan signifikan kepemimpinan digital Kepala sekolah di Era Education 4.0 dan literasi digital guru dimoderasi oleh transformasi pembelajaran digital di SMA Negeri se-Kota Malang. Saran penelitian disampaikan kepada (1) Kepala SMA Negeri di Kota Malang dapat mempertahankan kompetensinya di bidang kepemimpinan digital berdasarkan hasil penelitian menunjukan kepemimpinan digital Kepala SMA Negeri di Kota Malang sudah masuk kategori sangat tinggi. Kepala sekolah harus tetap aktif mempelajari teknologi digital yang baru dan terus update mengenai tren teknologi dalam dunia pendidikan seperti cloud computing artificial intelligence gamification dan penggunaan big data supaya dapat mengelola lingkungan digital sekolah dengan maksimal dan memberikan dampak positif (2) Guru SMA Negeri di Kota Malang dapat mempertahankan kompetensinya di bidang literasi digital dan tetap melaksanakan transfromasi pembelajaran digital. Guru harus update dengan perkembangan teknologi serta menambah ilmu pengetahuan teknologi yang terus bertumbuh dengan mengikuti pelatihan workshop bootcamp atau kelas bersertifikat tentang keterampilan digital di platform edutech supaya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melalui transformasi pembelajaran digital yang akan berdampak positif terhadap keberhasilan pembelajaran peserta didik (3) Peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengembangkan hasil penelitian ini dengan menambahkan variabel-variabel lain yang mempengaruhi literasi digital guru selain kepemimpinan digital dan variabel moderasi lain selain transformasi pembelajaran digital. Peneliti lain juga dapat menggunakan teori lain yang relevan dengan variabel-variabel yang digunakan (4) Ketua Departemen Administrasi Pendidikan FIP UM dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan rujukan dan memberikan pengetahuan bagi mahasiswa Departemen Administrasi Pendidikan dan (5) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Malang (Kota Malang ndash Kota Batu) diharapkan dapat memberikan seminar atau pelatihan yang dapat meningkatkan keterampilan digital bagi Kepala sekolah maupun guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/306116

Actions (login required)

View Item View Item