Coreta, Aa Coreta (2024) Pengaruh motivasi dan implementasi tupoksi (tugas pokok dan fungsi) guru terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri di kota malang / Aa Coreta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Motivasi kerja dapat memengaruhi kinerja seseorang karena adanya dorongan untuk mencapai tujuan atau menyelesaikan tugas tertentu dengan antusias. Implementasi tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) kerja guru dapat memengaruhi kinerja guru melalui kejelasan tugas dan tanggung jawab yang membantu guru bekerja lebih efektif dan efisien. Tujuan penelitian (1) untuk mengetahui motivasi kerja Guru SD Negeri di Kecamatan Klojen Kota Malang (2) untuk mengetahui implementasi tupoksi kerja Guru SD Negeri di Kecamatan Klojen Kota Malang (3) untuk mengetahui kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Klojen Kota Malang (4) untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Klojen Kota Malang (5) untuk mengetahui pengaruh tuposi kerja guru terhadap kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Klojen Kota Malang (6) untuk mengetahui pengaruh motivasi dan implementasi tupoksi kerja guru terhadap kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Klojen Kota Malang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional. Populasi penelitian mencakup 152 guru di SD Negeri se-Kecamatan Klojen Kota Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling yaitu teknik di mana semua anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sampel penelitian sesuai dengan proporsinya. Sampel penelitian ini berjumlah 111 guru. Teknik analisis yang digunakan meliputi (1) analisis deskriptif (2) uji asumsi data dan (3) uji regresi berganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) motivasi kerja guru tergolong sangat tinggi dengan persentase 82 88% (2) implementasi tupoksi kerja yang dijalankan guru juga tergolong sangat tinggi dengan persentase 71 17% (3) tingkat kinerja guru berada dalam kategori sangat tinggi dengan persentase 83% (4) tidak terdapat pengaruh signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan nilai signifikansi 0 063 gt 0 05 (5) terdapat pengaruh signifikan antara implementasi tupoksi kerja terhadap kinerja guru dengan nilai signifikansi 0 00 lt 0 05 (6) terdapat pengaruh signifikan antara motivasi kerja dan implementasi tupoksi kerja terhadap kinerja guru dengan Fhitung sebesar 41 635 dan nilai signifikansi 0 000. Saran direkomendasikan kepada (1) Kepala SD Negeri di Kecamatan Klojen Kota Malang dapat meningkatan kinerja guru melalui peningkatan motivasi bersama-sama dengan pengimplementasian tupoksi secara jelas dengan cara mengadakan pembinaan dan pengarahan secara berkelanjutan (2) Guru di SD Negeri di Kecamatan Klojen Kota Malang untuk senantiasa meningkatkan motivasi kerja dan implementasi tupoksi kerja melalui pengembangan potensi yang dimiliki sehingga timbul adanya kepuasan diri yang dapat mendorong semangat untuk melakukan pekerjaannya (3) Ketua Departemen Administrasi Pendidikan dapat menyediakan sumber belajar sesuai dengan ruang lingkup Departemen Administrasi Pendidikan dengan lebih lengkap dengan jumlah yang memadai sehingga mahasiswa semakin mudah dalam mendapatkan referensi-referensi untuk penelitian yang akan dilakukan (4) Mahasiswa Departemen Administrasi Pendidikan diharapkan dapat menentukan topik penelitian yang sesuai dengan ruang lingkup Departemen Administrasi Pendidikan sehingga hasil penelitiannya dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk mahasiswa lainnya dan (5) Peneliti lain diharapkan dapat melanjutkan dengan fokus dan sasaran yang berbeda serta dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan rujukan khususnya bagi peneliti yang melakukan penelitian dengan topik yang relevan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/306114 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |