Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada pasca pandemi covid-19 di sma negeri kota malang / Edyna Morita Larasati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada pasca pandemi covid-19 di sma negeri kota malang / Edyna Morita Larasati

Larasati, Edyna Morita Larasati (2024) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada pasca pandemi covid-19 di sma negeri kota malang / Edyna Morita Larasati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi COVID-19 mengubah pola pembelajaran dan memaksa peserta didik untuk beradaptasi dengan pembelajaran daring. Pandemi telah dinyatakan berakhir pada tahun 2023 meskipun demikian pembelajaran daring tetap memberikan dampak besar bagi peserta didik salah satunya adalah efek learning loss yang terus dirasakan oleh peserta didik. Pembelajaran daring menghadapi kritik karena kurangnya interaksi guru dengan peserta didik yang akhirnya menyebabkan penurunan dalam motivasi belajar serta hasil belajar. Penurunan motivasi belajar yang berdampak secara langsung terhadap hasil belajar menunjukkan bahwa perlunya upaya untuk mengembalikan minat belajar yang nantinya diharapkan dapat berdampak secara langsung terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan yaitu (1) mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik SMA Negeri Kota Malang pada pasca pandemi COVID-19 (2) mendeskripsikan hasil belajar peserta didik SMA Negeri Kota Malang pada pasca pandemi COVID-19 (3) mengetahui pengaruh yang diberikan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik SMA Negeri Kota Malang pada pasca pandemi COVID-19 (4) mengetahui besaran pengaruh yang diberikan oleh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik SMA Negeri Kota Malang pada pasca pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskripsi korelasional dan analisis regresi linear sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah 11 SMA Negeri Kota Malang dengan jumlah populasi sebanyak 3.408 peserta didik. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus slovin sehingga ditemukan jumlah sampel yaitu 358 peserta didik SMA Negeri Kota Malang dan untuk pengambilan responden tiap sekolah menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa tahap mulai dari persiapan pelaksanaan pengolahan data dan pelaporan. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) tingkat motivasi belajar peserta didik SMA Negeri Kota Malang pada pasca pandemi COVID-19 berada pada tingkat rendah dengan motivasi intrinsik lebih menonjol daripada motivasi ekstrinsik (2) tingkat hasil belajar peserta didik SMA Negeri Kota Malang pasca pandemi COVID-19 berada pada tingkat rendah dengan tingkat hasil belajar kognitif lebih tinggi daripada afektif dan psikomotorik (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik SMA Negeri Kota Malang pada pasca pandemi COVID-19 sebesar 0 760 (4) motivasi belajar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pasca pandemi COVID-19 sebesar 45 7% sedangkan 54 3% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Saran-saran dari penelitian ini ditujukan kepada beberapa pihak yaitu (1) Kepala SMA Negeri Kota Malang dapat membantu guru dalam menerapkan pembelajaran dengan fokus Student Center yang akan membantu guru dan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran pada pasca pandemi COVID-19 (2) Guru SMA Negeri Kota Malang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan menerapkan beberapa hal yaitu pemanfaatan media dalam proses pembelajaran memberikan dorongan motivasi baik secara individu maupun kelompok memberikan penilaian secara langsung dan berkolaborasi dengan orang tua peserta didik. Sedangkan untuk meningkatkan hasil belajar guru dapat menerapkan beberapa hal yaitu menggunakan metode belajar secara diskusi metode riset pustaka metode simulasi (bermain peran/role playing dan sosiodrama) metode belajar dengan bantuan komputer metode karya kelompok metode pemberian tugas dan metode eksperimen (3) Peserta Didik SMA Negeri Kota Malang dapat mendalami dan mengikuti pembelajaran sesuai dengan metode yang diberikan oleh guru dan beradaptasi dengan pembelajaran di pasca pandemi COVID-19 (4) Peneliti lain dapat mengembangkan hasil penelitian ini dengan menggunakan rekomendasi variabel penguji seperti sikap minat kebiasaan belajar konsep diri faktor stimuli atau beban belajar faktor metode belajar dan faktor individual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/306113

Actions (login required)

View Item View Item