Pengaruh implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) terhadap pengembangan karakter dimoderasi oleh minat belajar peserta didik di sma negeri se-kota malang / Hanna Alifia Maf'ulla - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) terhadap pengembangan karakter dimoderasi oleh minat belajar peserta didik di sma negeri se-kota malang / Hanna Alifia Maf'ulla

Maf'ulla, Hanna Alifia Maf'ulla (2024) Pengaruh implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) terhadap pengembangan karakter dimoderasi oleh minat belajar peserta didik di sma negeri se-kota malang / Hanna Alifia Maf'ulla. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan program dari Kurikulum Merdeka yang dilaksanakan melalui pembelajaran berbasis projek. Penerapan kurikulum merdeka sebagai upaya pemerintah untuk mengatasi learning loss dan learning crisis akibat masa pandemi Covid 19. P5 bertujuan untuk membantu peserta didik dalam meningkatkan kompetensi dan sebagai upaya untuk pengembangan karakter dengan basis ideologi Pancasila. Kurikulum Merdeka dengan karakteristik pembelajaran yang berfokus pada peserta didik begitupun P5 menjadikan kegiatan pembelajaran harus melibatkan peran serta dan partisipasi aktif peserta didik. Maka dari itu minat peserta didik menjadi sangat penting untuk mendukung pencapaian kegiatan pembelajaran. Selain bertujuan untuk meningkatkan potensi dan kompetensi peserta didik P5 menjadi salah satu alternatif untuk mengembangkan dan meningkatkan karakter peserta didik sesuai dengan Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi P5 terhadap pengembangan karakter yang dimoderasi oleh minat belajar peserta didik di SMA Negeri se-Kota Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode Analisis Jalur (Path Analysis). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di SMA Negeri se-Kota Malang yang berpartisipasi dalam pembelajaran atau kegiatan P5. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar kepada 382 responden terkait yang kemudian setelah data terkumpul dilanjutkan pada tahap analisis data diantaranya (1) analisis deskriptif (2) analisis outer model untuk melihat validitas dan reliabilitas instrumen (3) analisis inner model dan (4) uji hipotesis melalui path analysis menggunakan Partial Least Square (PLS). Simpulan dari penelitian ini adalah (1) tingkat implementasi P5 di SMA Negeri se-Kota Malang tergolong dalam kategori tinggi (2) tingkat minat belajar peserta didik pada pembelajaran P5 tergolong dalam kategori tinggi (3) tingkat pengembangan karakter peserta didik melalui pembelajaran P5 tergolong dalam kategori tinggi (4) terdapat pengaruh positif implementasi P5 terhadap minat belajar peserta didik (5) terdapat pengaruh positif antara implementasi P5 terhadap pengembangan karakter (6) terdapat pengaruh positif antara minat belajar terhadap pengembangan karakter dan (7) terdapat pengaruh tidak langsung yang positif antara implementasi P5 terhadap pengembangan karakter melalui minat belajar peserta didik di SMA Negeri se-Kota Malang. Berdasarkan simpulan penelitian maka saran yang diberikan dari penelitian ini adalah (1) Guru SMA Negeri se-Kota Malang sebagai fasilitator kegiatan P5 saran yang diberikan oleh peneliti semoga tetap mempertahankan implementasi P5 dan mengembangkan metode pembelajaran agar lebih interaktif inovatif dan kreatif sehingga mampu mempertahankan minat peserta didik pada P5 (2) Kepala SMA Negeri se-Kota Malang mampu mempertahankan implementasi P5 sehingga P5 dapat tetap digunakan sebagai alternatif untuk pengembangan karakter peserta didik di sekolah (3) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang dapat mengembangkan kebijakan terkait P5 dan memberikan pembinaan kepada guru untuk penyelenggaraan P5 kedepannya (4) Ketua Departemen Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengkaji penelitian sejenis lebih mendalam lagi dan mendukung proses penelitian mahasiswa (5) Peneliti selanjutnya semoga mampu mengembangkan penelitian ini dengan menambah variabel-variabel lain yang sesuai dan mampu memperluas objek penelitian sehingga penelitian ini menjadi lebih komprehensif lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jun 2024 04:29
Last Modified: 20 Jan 2025 02:32
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/306111

Actions (login required)

View Item View Item