Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan school branding melalui english international collaboration (studi kasus sd aisyiyah kamila malang) / Lailatul Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan school branding melalui english international collaboration (studi kasus sd aisyiyah kamila malang) / Lailatul Hidayah

Hidayah, Lailatul Hidayah (2024) Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan school branding melalui english international collaboration (studi kasus sd aisyiyah kamila malang) / Lailatul Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

English International Collaboration merupakan suatu program ekstrakurikuler yang dimiliki SD Aisyiyah Kamila Malang untuk meningkatkan pengetahuan Bahasa Inggris siswa. Ekstrakurikuler ini merupakan program unggulan sehingga dijadikan salah satu branding di SD Aisyiyah Kamila. Strategi kepemimpinan kepala sekolah diperlukan untuk melakukan school branding melalui English International Collaboration. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses school branding yang dilakukan SD Aisyiyah Kamila (2) materi dan media pelaksanaan ekstrakurikuler English International Collaboration di SD Aisyiyah Kamila (3) strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam melakukan school branding melalui English International Collaboration (4) pendapat orang tua siswa mengenai English International Collaboration. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif studi kasus. Peneliti melakukan penelitian secara langsung dan mendalam yang berfokus pada satu fenomena yang terkait dengan strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam melakukan school branding melalui English International Collaboration. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses school branding yang dilakukan oleh SD Aisyiyah Kamila dengan membuat nama branding sekolah ldquo KAMILA rdquo yang merupakan kepanjangan dari Kader Mubaligh Intelek dan Ulama. Kemudian pembuatan program-program yang berbeda dengan sekolah lain dan ditampilkan melalui media sosial sekolah mengkomunikasikan keunggulan dan keunikan melalui media sosial SD Aisyiyah Kamila aktif mengikuti kegiatan di luar sekolah yang dapat membentuk branding kepada masyarakat luas (2) pelaksanaan English International Collaboration dilaksanakan secara daring melalui zoom dengan waktu minimal 45 menit dilanjutkan dengan presentasi bergantian antar sekolah media pelaksanaan menggunakan zoom menyanyi youtube slide power point. Kemudian materi ekstrakurikuler ini berisi sekitar pelajaran anak-anak seperti perkenalan family sharing budaya Indonesia dengan luar makanan favorit cita-cita serta flora dan fauna (3) strategi kepemimpinan kepala sekolah dengan melakukan publikasi melalui media sosial mengundang wartawan untuk melakukan peliputan mencantumkan English International Collaboration pada brosur kepala sekolah aktif dibeberapa komunitas seperti Organisasi Otonom kepala sekolah melakukan pengawasan dan evaluasi secara rutin terhadap pelaksanaan school branding (4) orang tua mudah dalam memperoleh informasi mengenai sekolah melalui media sosial dan English International Collaboration meningkatkan kemampuan pada siswa seperti kemampuan akademik kemampuan sosial dan kemampuan berkomunikasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Proses school branding yang dilakukan oleh SD Aisyiyah Kamila dengan membuat nama branding sekolah ldquo KAMILA rdquo yang merupakan kepanjangan dari Kader Mubaligh Intelek dan Ulama. Kemudian pembuatan program-program yang berbeda dengan sekolah lain dengan mem-branding melalui media sosial. Media pelaksanaan menggunakan zoom dan materi berisi sekitar pelajaran anak-anak. Strategi kepemimpinan kepala sekolah dengan melakukan publikasi melalui media sosial mengundang wartawan untuk melakukan peliputan mencantumkan English International Collaboration pada brosur. Orang tua mudah dalam memperoleh informasi mengenai sekolah melalui media sosial dan English International Collaboration meningkatkan kemampuan pada siswa. Saran penelitian disampaikan kepada (1) Yayasan/Pimpinan Aisyiyah Kota Malang (2) Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kota Malang (3) Kepala Sekolah SD Aisyiyah Kamila (4) Humas SD Aisyiyah Kamila (5) Pembina English International Collaboration (6) Orang Tua Siswa (7) Peneliti Selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/306106

Actions (login required)

View Item View Item