Montaro, Galan Rayhan Montaro (2024) Analisis proyeksi kelompok penduduk anak usia dini terhadap kebutuhan ruang kelas sekolah dasar tahun 2024 sampai dengan tahun 2030 di kabupaten malang / Galan Rayhan Montaro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kebutuhan ruang kelas merupakan cara pandang dalam melakukan suatu rancangan kedepannya mengenai banyaknya ruangan yang diperlukan dalam menampung banyak peserta didik. Dengan memperhatikan beberapa indikator diantaranya pertumbuhan penduduk kelompok usia awal dalam satu wilayah yang dipecah menjadi usia tunggal menggunakan sprague multiplier data peserta didik dan ruang kelas keseluruhan dan data peserta didik baru. Pertambahan jumlah penduduk memiliki efek lanjut terhadap proses pembelajaran di sekolah jika setiap tahun jumlah penduduk masuk sekolah bertambah maka sarana dan prasarana pendidikan di sekolah perlu ditingkatkan agar proses pembelajaran dapat berjalan. Jumlah penduduk di Kabupaten Malang setiap tahun meningkat dengan persebaran sekolah yang merata. Setiap kecamatan memiliki Sekolah Dasar Negeri tetapi tidak dengan Sekolah Dasar Swasta dan Madrasah Swasta. Serta Madrasah Negeri hanya di tiga kecamatan. Dengan adanya keuntungan mayoritas tersebut kenyataannya Sekolah Dasar Negeri kalah bersaing dengan ketiga sekolah lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berkelanjutan proyeksi kelompok usia awal penduduk terhadap penentuan banyaknya peserta didik baru Sekolah Dasar Negeri dan Sekolah Dasar Swasta dan kebutuhan ruang yang diperlukan pada Tahun 2024 sampai dengan Tahun 2030 di Kabupaten Malang. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode proyeksi deskriptif. Populasi yang dilakukan penelitian seluruh jenjang sekolah dasar sederajat yakni Sekolah Dasar Negeri dan Sekolah Dasar Swasta yang tersebar di 33 kecamatan di Kabupaten Malang dan jumlah penduduk Tahun 2016 hingga Tahun 2020. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara di Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. Analisis data menggunakan rumus (1) laju pertumbuhan penduduk (2) metode geometri (3) sprague multiplier (4) angka serap kasar (5) proyeksi peserta didik baru (6) flow rate dan (7) kebutuhan ruang kelas. Simpulan penelitian diantara lain (1) Trend pertumbuhan peserta didik Sekolah Dasar Negeri Tahun Ajaran 2019/2020 menuju Tahun Ajaran 2020/2021 mengalami penurunan 1 4%. Tahun Ajaran 2020/2021 menuju Tahun Ajaran 2021/2022 Tahun Ajaran 2021/2022 menuju Tahun Ajaran 2022/2023 dan Tahun Ajaran 2022/2023 menuju Tahun Ajaran 2023/2024 mengalami penurunan diatas 2%. Sementara itu trend pertumbuhan peserta didik Sekolah Dasar Swasta Tahun Ajaran 2019/2020 menuju Tahun Ajaran 2020/2021 mengalami peningkatan 3 6%. Tahun Ajaran 2020/2021 menuju Tahun Ajaran 2021/2022 mengalami peningkatan 7 4%. Tahun Ajaran 2021/2022 menuju Tahun Ajaran 2022/2023 mengalami peningkatan 3%. Tahun Ajaran 2022/2023 menuju Tahun Ajaran 2023/2024 mengalami peningkatan 5 1% (2) Hasil laju pertumbuhan penduduk diperoleh Tahun 2016 sampai dengan Tahun 2020 kelompok umur 0 tahun sampai dengan 4 tahun mengalami kenaikan sebesar 0 557% kelompok umur 5 tahun sampai dengan 9 tahun sebesar 0 555% kelompok umur 10 tahun sampai dengan 14 tahun sebesar 0 561% dan kelompok umur 15 tahun sampai dengan 19 tahun sebesar 0 55% (3) Hasil Angka Serap Kasar Tahun 2019 menuju Tahun 2023 Sekolah Dasar Negeri mengalami penurunan dengan rata-rata -85 1% setiap tahun. Sedangkan Sekolah Dasar Swasta dengan rata-rata 7 7 %. Hasil analisis proyeksi peserta didik baru Sekolah Dasar Negeri Tahun Ajaran 2024/2025 berjumlah 24.045 orang peserta didik dan Tahun Ajaran 2030/2031 berjumlah 20.445 orang peserta didik. Hasil analisis proyeksi peserta didik baru Sekolah Dasar Swasta Tahun Ajaran 2024/2025 berjumlah 3.473 orang peserta didik dan Tahun Ajaran 2030/2031 berjumlah 3.989 orang peserta didik dan (4) Dalam mempertahankan jumlah Sekolah Dasar Negeri menggunakan 20 orang peserta didik disebabkan jumlah kebutuhan ruang kelas yang diperlukan menurun tetapi untuk jumlah sekolah tetap dimulai dari Tahun Ajaran 2024/2025 sampai dengan Tahun Ajaran 2030/2031. Sedangkan bagi Sekolah Dasar Swasta menggunakan 24 orang peserta didik dikarenakan pada Tahun Ajaran 2023/2024 sebanyak 27 buah ruang kelas tidak digunakan dan Tahun Ajaran 2024/2025 sebanyak 18 buah ruang kelas akan digunakan kembali. Serta Tahun Ajaran 2025/2026 perlu melakukan penambahan enam buah ruang kelas. Berlandaskan pada simpulan saran ditujukan kepada (1) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang dalam mencegah penurunan jumlah Sekolah Dasar Negeri dapat menggunakan ketentuan jumlah 20 orang peserta didik per kelas untuk jumlah sekolah yang stabil dalam enam tahun kedepan yaitu Tahun Ajaran 2030/2031. Jika Sekolah Dasar Swasta dapat menggunakan 24 orang peserta didik per kelas dengan tujuan untuk mengurangi terjadinya penambahan jumlah sekolah tetapi peningkatan ruang kelas (2) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan pemetaan daerah dengan kepadatan penduduk dari yang tertinggi ke terendah untuk dilakukan tindak lanjut kerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang berkaitan dengan keterserapan potensi jumlah peserta didik (3) Kepala Sekolah Dasar Sekolah Dasar Negeri berdasarkan faktor yang telah ditemukan maka saran yang diberikan untuk menjaga eksistensi Sekolah Dasar Negeri dengan cara meningkatkan kualitas tenaga pendidikan melalui workshop atau seminar. Melibatkan secara aktif peserta didik dalam perlombaan sehingga menambah prestasi sekolah. Mengadakan kegiatan open house kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk promosi sekolah. Sekolah Dasar Swasta berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil positif maka dapat meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan fasilitas yang diberikan. Serta mempertahankan citra baik sekolah di masyarakat dan (4) Peneliti lain melakukan pengembangan penelitian menggunakan tambahan data sekolah madrasah dan dilakukan pada kecamatan tertentu yang memiliki kepadatan penduduk tertinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/306105 |
Actions (login required)
View Item |