Putri, Fianda Octavia Pramudya Putri (2024) Pengaruh kompetensi dan beban kerja tenaga administrasi sekolah terhadap kualitas layanan prima di smk se-kota batu / Fianda Octavia Pramudya Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tenaga administrasi sekolah merupakan salah satu unsur yang mendukung kegiatan belajar mengajar agar tujuan pendidikan dapat dicapai. Tenaga administrasi sekolah bertugas menangani berbagai tugas administratif termasuk pengarsipan pendaftaran siswa pengelolaan dana sekolah dan menjaga komunikasi dengan pihak terkait. Kemampuan suatu lembaga pendidikan untuk bertahan tergantung pada kemampuannnya memuaskan pelanggan dengan layanan berkualitas tinggi yang berpengaruh pada kepercayaan mereka. Tenaga administrasi sekolah memiliki tanggung jawab dalam melayani prima untuk membantu pelanggan dalam memenuhi kebutuhan yang dilakukan dengan cara maksimal agar pelanggan merasa puas. Efektivitas dan kemajuan dalam memberikan layanan prima dapat ditunjukkan dalam kompetensi tenaga administrasi sekolah dalam menjalankan tugasnya. Kompetensi yang memadai memungkin mereka untuk mengatasi berbagai tantangan yang muncul dalam menjalankan tugas administrasi dengan baik. Kompetensi tenaga administrasi sekolah menjadi faktor penting dalam menentukan sejauh mana mereka mampu memberikan layanan prima yang berkualitas. Banyaknya tuntutan pekerjaan yang harus dipenuhi mulai dari administrasi kesiswaan hingga hubungan sekolah dan masyarakat menyebabkan bertambahnya beban kerja yang harus diemban oleh tenaga administrasi sekolah. Beban kerja yang dirasakan oleh tenaga administrasi sekolah merupakan salah satu faktor penekanan yang berakibat pada situasi tertentu sehingga tenaga administrasi sekolah harus mampu memberikan konsentrasi yang lebih besar dalam menyelesaikan tanggung jawabnya sesuai dengan waktu yang diberikan. Pemberian tanggung jawab yang terlalu banyak atau tidak sesuai dengan kemampuan yang dimiliknya menyebabkan tenaga administrasi sekolah membutuhkan waktu lama dalam menyelesaikan tugasnya sehingga kualitas pelayanan akan menurun. Tujuan penelitian ini meliputi (1) mendeskripsikan tingkat kompetensi tenaga administrasi sekolah di SMK Se-Kota Batu (2) mendeskripsikan tingkat beban kerja tenaga administrasi sekolah di SMK Se-Kota Batu (3) mendeskripsikan tingkat kualitas layanan prima di SMK Se-Kota Batu (4) menganalisis pengaruh kompetensi tenaga administrasi sekolah terhadap kualitas layanan prima di SMK Se-Kota Batu (5) menganalisis pengaruh beban kerja tenaga administrasi sekolah terhadap kualitas layanan prima dan (6) menganalisis pengaruh kompetensi dan beban kerja tenaga administrasi sekolah terhadap kualitas layanan prima di SMK Se-Kota Batu. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif berdasarkan rancangan deskriptif. Populasi penelitian berjumlah 103 orang sampel menggunakan sampel jenuh yaitu semua populasi yang berjumlah 103 orang. Lokasi penelitian di SMK Se-Kota Batu. Instrumen penelitian menggunakan angket tertutup. Analisis data dilakukan melalui program SPSS 25 for Windows dengan teknik (1) analisis deskriptif (2) uji asumsi data (3) uji T (4) uji F (5) koefisien determinasi (6) dan analisis regresi berganda. Simpulan penelitian menghasilkan bahwa (1) tingkat kompetensi tenaga administrasi sekolah di SMK Se-Kota Batu termasuk dalam kategori tinggi (2) tingkat beban kerja tenaga administrasi sekolah di SMK Se-Kota Batu termasuk dalam kategori rendah (3) tingkat kualitas layanan prima di SMK Se-Kota Batu termasuk dalam kategori tinggi (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi tenaga administrasi sekolah terhadap kualitas layanan prima di SMK Se-Kota Batu (5) terdapat pengaruh negatif dan signfikan antara beban kerja tenaga administrasi sekolah terhadap kualitas layanan prima di SMK Se-Kota Batu dan (6) terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi dan beban kerja tenaga administrasi sekolah terhadap kualitas layanan prima di SMK Se-Kota Batu. Berdasarkan simpulan penelitian maka saran dari peneliti diberikan kepada (1) Tenaga Administrasi Sekolah di SMK Se-Kota Batu agar dapat mempertahankan kompetensi yang telah dimiliki melakukan pekerjaan sesuai dengan pembagian tugas dan kemampuan yang dimiliki serta mempertahankan pemberian layanan kepada pelanggan (2) Kepala Sekolah di SMK Se-Kota Batu dapat mengusung program-program pendidikan dan pelatihan terkait dengan pengembangan kemampuan yang dimiliki oleh tenaga administrasi sekolah dan memastikan bahwa pembagian tugas sudah sesuai dengan kemampuan yang dimiliki tenaga administrasi sekolah (3) Kepala Tenaga Administrasi SMK Se-Kota Batu agar memberikan ruang untuk pertumbuhan dan pengembangan lebih lanjut meningkatkan efisiensi memastikan bahwa beban kerja yang diberikan sudah sesuai dengan kemampuan dan memberikan dukungan kepada tenaga administrasi sekolah (4) Ketua Departemen Administrasi Pendidikan menekankan teori yang menekankan lebih lanjut terkait dengan kompetensi tenaga administrasi sekolah dan kualitas layanan prima dan (5) peneliti lain untuk melakukan penelitian dengan menekankan pada variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini terkait dengan kualitas layanan prima.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/306104 |
Actions (login required)
View Item |