Pembelajaran menulis teks anekdot dengan model daring kelas X SMKN 4 Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran menulis teks anekdot dengan model daring kelas X SMKN 4 Malang

Amalia, Annisa (2021) Pembelajaran menulis teks anekdot dengan model daring kelas X SMKN 4 Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Terdapat empat keterampilan berbahasa yang harus dipelajari dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, yaitu kemampuan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Menulis disebut sebagai keterampilan produktif karena menulis adalah kegiatan memproduksi bahasa demi menyampaikan makna. Dalam kurikulum 2013, sarana pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah teks. Salah satu teks yang diajarkan pada Kurikulum 2013 pada jenjang SMA/MA dan SMK/MAK adalah teks anekdot. Pembelajaran menulis teks anekdot kelas X SMKN 4 Malang tahun 2020/2021 dilakukan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pembelajaran di sekolah ini dilakukan menggunakan model daring atau e-learning. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) mendeskripsikan dan menjelaskan perencanaan pembelajaran menulis teks anekdot dengan model daring di kelas X SMKN 4 Malang tahun ajaran 2020/2021? (2) mendeskripsikan dan menjelaskan pelaksanaan pembelajaran menulis teks anekdot dengan model daring di kelas X SMKN 4 Malang tahun ajaran 2020/2021? (3) mendeskripsikan dan menjelaskan penilaian pembelajaran menulis teks anekdot dengan model daring di kelas X SMKN 4 Malang tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data berupa data aspek perencanaan, aspek pelaksanaan, dan aspek penilaian. Data aspek perencanaan adalah informasi yang ada dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Data aspek pelaksanaan adalah informasi dan tuturan tentang kegiatan interaksi guru dan siswa pada saat kegiatan pembelajaran menulis teks anekdot siswa kelas X semester 1 SMKN 4 Malang. Data aspek penilaian adalah informasi melalui tuturan tentang kegiatan interaksi pada saat penilaian yang didapatkan dari dokumen daring, naskah ujian UTS, ulangan harian, RPP dan daftar nilai guru berupa penilaian proses dan hasil. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini berdasarkan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian ialah berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru bahasa indonesia SMK Negeri 4 Malang berdasarkan MGMP sekolah, kegiatan pembelajaran teks anekdot, dan guru bahasa Indonesia SMK Negeri 4 Malang. Terdapat tiga temuan dalam penelitian ini. Ketiga hasil penelitian tersebut adalah sebagai berikut. Pertama, RPP yang dirancang oleh guru memuat tiga komponen inti yakni, (1) tujuan pembelajaran, (2) langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan (3) penilaian pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh pendidik, sedangkan komponen lainnya, bersifat pelengkap. Hal ini karena pendidik berpedoman pada surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 14 tahun 2019 tentang kebijakan penyusunan dan format RPP yang dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dengan tetap memperhatikan peserta didik. Pembelajaran daring yang terdapat pada perencanaan berupa pembelajaran sinkronus dan asinkronus. Dalam RPP, pola pembelajaran daring sinkronus dan asinkronus ditunjukkan pada langkah-langkah pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan. Kedua, pelaksanaan pembelajaran menulis teks anekdot dengan model daring dilakukan dengan model sinkronus pada pertemuan pertama dan asinkronus pada pertemuan kedua dan ketiga. Pelaksanaan pembelajaran menulis meliputi kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pelaksanaan kegiatan pembuka membentuk dua pola yang berbeda. Kegiatan pembuka pertemuan pertama menggunakan pola 1. Kegiatan pembuka Pola 1 diawali dengan pendidik membuka pelajaran dengan mengirim tautan untuk peserta didik mengakses google meet. Sedangkan, pelaksanaan kegiatan pembuka pertemuan dua dan tiga menggunakan pola 2. Dimana kegiatan diawali dengan kegiatan berdoa dan presensi yang dilakukan secara mandiri oleh peserta didik. Ketiga, hasil penelitian tentang penilaian yang dilakukan oleh pendidik pada pembelajaran menulis teks anekdot siswa kelas X semester 1 SMKN 4 Malang adalah penilaian autentik yang mengacu pada tiga aspek, yakni penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pada penilaian sikap terdapat lima aspek yang dinilai pendidik yaitu, percaya diri, disiplin, santun, tanggung jawab, dan keaktifan. Pendidik melakukan pengamatan dan penilaian sikap ketika pembelajaran daring sinkronus berlangsung. Pendidik telah mempersiapkan lembar penilaian sikap dalam RPP. Penilaian pengetahuan dilakukan pendidik dengan penugasan. Pada penilaian keterampilan, terdapat lima aspek keterampilan yang dinilai oleh pendidik yakni, ketepatan menentukan isi, keterbacaan tulisan, kesesuaian dengan EYD, ketepatan judul, kelengkapan isi, kesesuaian dengan EYD, kepaduan/ kesatuan, dan keaktualan topik. Penilaian yang digunakan pendidik menggunakan skala 1-4 serta rubrik penilaian terlampir dalam RPP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:00
Last Modified: 06 Jul 2023 07:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3061

Actions (login required)

View Item View Item