Penerapan manajemen layanan khusus kantin sehat dalam mewujudkan perilaku makan sehat peserta didik (studi kasus di sman 2 malang) / Lidanatu Ilmin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan manajemen layanan khusus kantin sehat dalam mewujudkan perilaku makan sehat peserta didik (studi kasus di sman 2 malang) / Lidanatu Ilmin

Ilmin, Lidanatu Ilmin (2024) Penerapan manajemen layanan khusus kantin sehat dalam mewujudkan perilaku makan sehat peserta didik (studi kasus di sman 2 malang) / Lidanatu Ilmin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kantin sehat merupakan suatu program yang dimiliki SMAN 2 Malang guna memenuhi kebutuhan makan minum dan jajan peserta didik di sekolah. Melalui program kantin sehat ini diharapkan peserta didik mendapatkan pemenuhan kebutuhan makan minum dan jajan yang terjamin kesehatannya karena sekolah telah berupaya dengan baik adanya program kantin sehat dianggap sebagai media yang efektif untuk mewujudkan perilaku makan sehat pada peserta didik. Sekolah meyakini bahwa perilaku makan sehat sangat penting untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan cara yang dilakukan sekolah dalam menetapkan kriteria makan sehat yang disediakan untuk peserta didik (2) mendeskripsikan cara yang dilakukan sekolah dalam memastikan makanan yang disediakan terjamin kesehatannya (3) mendeskripsikan strategi sekolah dalam menanamkan nilai perilaku hidup sehat (4) mendeskripsikan apa saja dampak yang didapatkan dari adanya penerapan manajemen layanan khusus kantin sehat dalam mewujudkan perilaku makan sehat peserta didik dan (5) mendeskripsikan apa saja kendala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan dalam penerapan manajemen layanan khusus kantin sehat dalam mewujudkan perilaku makan sehat peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Peneliti ingin meneliti secara langsung dan mendalam yang berfokus pada satu fenomena yang terkait penerapan manajemen layanan khusus kantin sehat untuk mewujudkan perilaku makan sehat peserta didik di SMAN 2 Malang. Adapun teknik pengambilan data yang digunakan yaitu wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kriteria makanan sehat yang disediakan mencakup aspek kesehatan dan keamanan yang berlaku. Selain itu sekolah juga melibatkan orang tua dalam menyediakan bekal bagi peserta didik dan menyelenggarakan kegiatan yang mendukung adanya program kantin sehat (2) Langkah utama yang diambil dalam memastikan makanan yang disediakan terjamin kesehatannya adalah mengelola kantin secara mandiri memberikan kontrol penuh kepada sekolah untuk menentukan jenis makanan yang dijual dan memastikan kualitasnya (3) Strategi sekolah dalam menanamkan nilai perilaku hidup sehat yaitu dengan memperhatikan faktor-faktor seperti pola makan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kebersihan lingkungan di sekolah peran guru dalam memberikan motivasi contoh dan teladan kepada peserta didik dalam menerapkan perilaku hidup sehat dan memberikan arahan kepada peserta didik untuk membawa bekal yang sehat (4) Beberapa dampak yang didapat dari adanya program kantin sehat meliputi terjaminnya kesehatan peserta didik dengan menyediakan makanan yang sehat dan bergizi. Selain itu program ini juga berkontribusi pada kesejahteraan guru dan karyawan dengan meningkatkan motivasi dan kinerja mereka melalui keuntungan yang diperoleh dari program tersebut. Kemudian keberhasilan program Kantin Sehat SMAN 2 Malang telah menjadi contoh bagi sekolah lain (replikasi sekolah lain) (5) Penerapan program kantin sehat di SMAN 2 Malang menghadapi beberapa kendala meskipun menghadapi berbagai tantangan SMAN 2 Malang telah menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan program kantin sehat demi meningkatkan kesehatan dan gizi peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa saran yang dapat digunakan bagi pihak-pihak terkait yaitu (1) Kepala sekolah diharapkan dapat memberikan fasilitas pelatihan dan pengembangan keterampilan bagi pengelola kantin agar dapat menghadapi tantangan dengan lebih efektif (2) Kepala pengelola kantin yaitu untuk dapat terus meningkatkan kualitas dan menambah variasi menu makanan sehat selain itu juga diharapkan dapat mengoptimalkan promosi dan sosialisasi program kantin sehat kepada seluruh pihak serta memperkuat kerja sama yang telah terjalin dengan pihak-pihak terkait (3) Peserta didik yaitu untuk selalu mengikuti program edukasi yang dilaksanakan dan menerapkannya kemudian peserta didik sebaiknya aktif dalam mendukung program kantin sehat (4) Peneliti lain yaitu dapat melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengevaluasi efektivitas dan dampak jangka panjang dari program kantin sehat menganalisis lebih lanjut faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan dan keberlanjutan program kantin sehat di sekolah dan berbagi temuan dan best practice dengan sekolah lain serta mendukung upaya peningkatan kesehatan dan gizi peserta didik secara lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/306098

Actions (login required)

View Item View Item