Manajemen sekolah ramah anak berbasis nilai-nilai islam (studi kasus sd plus al-kautsar malang) / Khairun Nisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen sekolah ramah anak berbasis nilai-nilai islam (studi kasus sd plus al-kautsar malang) / Khairun Nisa

Nisa, Khairun Nisa (2024) Manajemen sekolah ramah anak berbasis nilai-nilai islam (studi kasus sd plus al-kautsar malang) / Khairun Nisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemenuhan Hak Pendidikan Anak (PHPA) di tempat sekolah belum optimal hal ini menjadikan Sekolah Ramah Anak atau SRA sangat perlu di implementasikan secara nasional dari pendidikan dasar hingga menengah. Utamanya sekolah ramah anak perlu diterapkan pada sekolah dasar merupakan dasar dari pengembangan karakter dari anak. Sesuai dengan pedoman SRA oleh Kementerian P3A sekolahan mempunyai tujuan 1) membagikan informasi kepada stakeholder dan warga sekolah tentang pengembangan dan pembentukan SRA 2) sebagai pedoman tahapan pembenahan dan pengembangan SRA dan 3) sebagai pedoman melakukan observasi evaluasi pelaksanaan SRA. Sekolah Ramah Anak adalah sekolah yang memastikan setiap anak secara inklusif berada dalam keadaan aman nyaman secara fisik sosial psikis dan bisa tumbuh berkembang sesuai fase perkembangannya. Fokus dalam penelitian ini yaitu (1) Apa latar belakang penerapan SRA berbasis nilai-nilai Islam di SD Plus Al-Kautsar Malang (2) Bagaimana proses pengelolaan sekolah ramah anak berbasisi nilai-nilai Islam (a. perencanaan pengelolaan sekolah ramah anak berbasis nilai-nilai Islam b. pengorganisasian pengelolaan sekolah ramah anak berbasis nilai-nilai Islam c. penggerakan manajemen sekolah ramah anak berbasis nilai-nilai Islam dan d. penilaian manajemen sekolah ramah anak berbasis nilai-nilai Islam) (3) Apa saja faktor kendala dalam manajemen sekolah ramah anak berbasisi nilai-nilai Islam (4) Bagaimana usaha sekolahan dalam mengatasi kendala manajemen sekolah ramah anak berbasisi nilai-nilai Islam (5) Apa saja faktor penunjang manajemen sekolah ramah anak berbasisi nilai-nilai Islam (6) Bagaimana mengoptimalkan faktor penunjang pengelolaan sekolah ramah anak berbasisi nilai-nilai Islam. Pendekatan kualitatif diigunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui permasalahan yang memerlukan pemahaman secara mendalam sehingga data yang diperolah data yang mendalam terperinci kredibel dan dapat mengungkap makna yang ada di SD Plus Al-Kautsar Malang. Penelitian ini menggunakan jenis studi kasus yang dimaksudkan agar dapat memperoleh fakta dan pemahaman yang rinci dari manajemen sekolah ramah anak berbasis nilai-nilai islam dan didasari bahwa tma yang diteliti adalah suatu hal yang unik. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara observasi dan studi dokumentasi. Analisis data penelitian dimulai dari pengumpulan data reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Tahapan pengeekan keabsahan data penelitian yaitu ketekunan peneliti triangluasi kecukupan referensial. Kesimpulan penelitian yakni (1) Penerapan model sekolah ramah anak di SD Plus Al-Kautsar Malang dilatar belakangi oleh pelayanan prima merupakan hal pokok yang harus diberikan kepada seluruh warga sekolah utamanya peserta didik. Peserta didik berhak untuk disediakan tempat belajar yang nyaman aman dan dikelilingi oleh orang-orang yang menghargainya. Penerapan model sekolah ramah anak juga merupakan salah satu upaya sekolah untuk mencapai visi sekolah. (2) Proses manajemen sekolah ramah anak. Pada perencanaan sekolah ramah anak diawali dengan menyusun kerangka kerja pada saat rapat kerja tahunan. Proses pengorganisasian sekolah ramah anak dibagi menjadi dua yakni pengorganisasian program kegiatan sekolah ramah anak dan pengorganisasian sumber daya manusia. Proses penggerakan sekolah ramah anak memiliki cakupan yang cukup luas. Proses penilaian sekolah ramah anak secara rutin dilaksanakan pada rapat mingguan yang melibatkan kepala sekolah dan guru. (3) Faktor kendala manajemen sekolah ramah anak Kendala yang dihadapi SD Plus Al-Kautsar Malang dalam manajemen sekolah ramah anak yakni berasal dari peserta didik dan orang tua peserta didik. Kendala yang berasal dari peserta didik yakni usia peserta didik yang masih anak- anak dan belum mengetahui konsep benar salah. (4) Usaha sekolah dalam mengatasi kendala manajemen sekolah ramah anak. Usaha yang dilakukan sekolah untuk mengatasi kendala yang berasal dari peserta didik yakni memberikan materi motivasi mengenai bercanda dan resikonya memberikan konseling pada peserta didik memberikan layanan psikologis diberikan proyek kebaikan dan melibatkan orang tua jika diperlukan. (5) Faktor penunjang manajemen sekolah ramah anak ini yaitu mengoptimalkan semua sumber daya sekolah dan bekerja sama dengan pemerintah masyarakat dan pemangku kepentingan yang lain. Anak dibuat nyaman untuk mengeluarkan isi hatinya tanpa adanya kekerasan program sharing dan caring ini tidak memiki persayaratan khusus yang mendiskriminasi. (6) Faktor penunjang manajemen sekolah ramah anak ini yaitu mengoptimalkan semua sumber daya sekolah dan bekerja sama dengan pemerintah masyarakat dan pemangku kepentingan yang lain. Anak dibuat nyaman untuk mengeluarkan isi hatinya tanpa adanya kekerasan program sharing dan caring ini tidak memiki persayaratan khusus yang mendiskriminasi. Setiap anak berhak mendapatkan layanan konseling dari sekolah. Berdasarkan simpulan terdapat saran ditujukan kepada (1) Kepala SD Plus Al-Kautsar Malang Penerapan model sekolah ramah anak telah berjalan seyogyanya kepala sekolah sebagai pemimpin dapat mengoptimalkan kembali keseluruhan proses manajemen sekolah ramah anak sehingga kendala-kendala yang muncul saat ini tidak terulang kembali. (2) Pendidik dan Tenaga Kependidikan SD Plus Al-Kautsar Malang. Pendidik dan tenaga kependidikan sebagai sosok yang senantiasa berinteraksi dengan peserta didik diharapkan dapat memahami konsep ramah anak secara baik agar mampu memberikan pelayanan kepada peserta didik tanpa membuat peserta didik merasa terganggu atau merasa tidak nyaman. (3) Wali murid sebagai salah satu pihak kunci dalam keberhasilan manajemen sekolah ramah anak ini hendaknya turut menerapkan pola asuh yang ramah anak dan tidak bertentangan dengan kaidah ramah anak pada saat di lingkungan keluarga sehingga dapat membatu mengoptimalkan pelaksanaan konsep ramah anak. (4) Siswa SD Plus Al-Kautsar Malang diharapkan senantiasa terlibat aktif dalam pelaksanaan model sekolah ramah anak ini dan memahami macam-macam bully yang telah tertera pada pojok anti bully di sudut kelas sehingga diharapkan tidak terjadi kejadian atau insiden yang dapat membuat teman merasa tidak nyaman. (5) Peneliti mengharapkan peneliti lain untuk meneliti lebih lanjut mengenai topik yang berkaitan dengan manajemen sekolah ramah anak sehingga nantinya dapat diketahui hasil-hasil penelitian yang belum terungkap dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/306097

Actions (login required)

View Item View Item