Wati, Kartika Wati (2024) Program “kampung bahasa†sebagai solusi meningkatkan keterserapan tamatan/alumni (studi kasus di smk negeri 1 boyolangu) / Kartika Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Program ldquo Kampung Bahasa rdquo merupakan tempat atau wadah bagi peserta didik di wilayah Kabupaten Tulungagung yang digagas oleh SMKN 1 Boyolangu dalam mengembangkan potensi berbahasa asing. Melalui kegiatan pada program ini peserta didik dapat mengembangkan bakat dan minat yang dimilikinya. Program ldquo Kampung Bahasa rdquo memiliki empat jenis pilihan bahasa asing yakni Bahasa Inggris Bahasa Jepang Bahasa Jerman dan Bahasa Korea. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan strategi Program ldquo Kampung Bahasa rdquo untuk meningkatkan keterserapan tamatan/alumni. 2) Mendeskripsikan materi pembelajaran Program ldquo Kampung Bahasa rdquo . 3) Mendeskripsikan media pembelajaran penyelenggaraan Program ldquo Kampung Bahasa rdquo . 4) Mendeskripsikan solusi permasalahan pada Program ldquo Kampung Bahasa rdquo . Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilakukan di Kampung Bahasa milik SMKN 1 Boyolangu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari koordinator Kampung Bahasa ketua BKK SMKN 1 Boyolangu peserta didik dan alumni. Analisis data menggunakan teori Milles amp Huberman yakni data collection data display data condensation dan drawing/verifying. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) mendeskripsikan strategi Program ldquo Kampung Bahasa rdquo untuk meningkatkan keterserapan tamatan/alumni dilakukan dengan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak luar (masyarakat Sidney Global perusahan-perusahaan besar) pemilihan mentor yang sudah ahli dalam bidangnya bekerja sama dengan BKK SMKN 1 Boyolangu untuk meningkatkan ketertarikan siswa empat pilihan bahasa asing melibatkan warga sekitar untuk meningkatkan branding sekolah pengelolaan keuangan yang akuntabilitas dan transparan (2) mendeskripsikan pemberian materi pembelajaran pada Program ldquo Kampung Bahasa rdquo dengan kurikulum Sidney Global yang terdiri dari 40% grammer dan 60 % speaking saling berkoordinasi antara pihak sekolah dengan pihak mentor Kampung Bahasa yang dilakukan guna mengkaji efektivitas pemberian materi pembelajaran (3) mendeskripsikan media pembelajaran dan fasilitas yang ada pada Program Kampung Bahasa cukup memadai dan berbasis teknologi (aplikasi) buku modul fasilitas penyelenggaraan Kampung Bahasa di rumah warga sekitar sekolah pengelolaan dan pengadaan fasilitas yang ada pada Kampung Bahasa setiap tahunnya (4) mendeskripsikan solusi permasalahan yang terjadi pada penyelenggaraan ldquo Kampung Bahasa rdquo yakni sosialisasi FGD bersama dengan kepala sekolah masyarakat dan wali murid pelaksanaan program di weekday dan weekend meningkatkan promosi Program ldquo Kampung Bahasa rdquo melakukan survey teraser bagi lulusan/alumni sehingga menghasilkan peningkatan presentase keterserapan tamatan/alumni. Berdasarkan kesimpulan yang telah dipaparkan penelitian ini disarankan bagi (1) Kepala SMKN 1 Boyolangu agar selalu membuat program-program unggulan yang menjadi ciri khas sekolah yang menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan zaman dan memperhatikan pembangunan karakter siswa serta mengembangkan program pembelajaran dalam bentuk praktek diluar sekolah untuk meningkatkan wawasan dan ketrampilan siswa (2) Koordinator Kampung Bahasa agar dalam penyelenggaraan Program ldquo Kampung Bahasa rdquo untuk selalu memperhatikan pengelolaan serta penyelenggaraan kegiatan program Kampung Bahasa yang lebih efektif dan efisien sehingga dapat mengembangkan potensi peserta didik serta menghasilkan lulusan yang berkualitas unggul dan berdaya saing internasional (3) Ketua BKK SMKN 1 Boyolangu untuk selalu mengevaluasi tamatan/alumni SMKN 1 Boyolangu agar selalu aktif dalam memberikan informasi-informasi penyaluran tenaga kerja sehingga SMKN 1 Boyolangu selalu menghasilkan lulusan yang berkualitas unggul (4) peserta didik agar memiliki antuasias yang tinggi dalam mengikuti kegiatan pada program Kampung Bahasa untuk menyalurkan dan meningkatkan potensi (5) mahasiswa Departemen Administrasi Pendidikan diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai rujukan bagi mahasiswa (6) peneliti lain agar mempergunakan hasil penelitian ini sebagai acuan ketika menjalankan penelitian yang mempunyai topik bahasan yang sama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 May 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/306095 |
Actions (login required)
View Item |