Hanum, Ratna Muniroh Huda Hanum (2024) Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan platform merdeka mengajar (pmm) terhadap implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) di sma negeri se-kota malang / Ratna Muniroh Huda Hanum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan merupakan wadah atau investasi bagi diri sendiri (as humancapital) yang berpangkal pada proposisi untuk memajukan kapasitas mereka sebagai produser dan konsumer. Melalui pendidikan sendiri peserta didik berkesempatan memperoleh pengetahuan soft skill hard skill dan pengalaman langsung dalam bekerja. Dengan demikian sektor pendidikan dituntut untuk menciptakan berbagai inovasi untuk dapat mengatasi tantangan di masa mendatang. Sekolah yang bermutu tidak luput dari peranan seorang guru dalam menjalankan proses pembelajaran. Sehingga perlu adanya peningkatan kompetensi profesional seorang guru melalui kegiatan supervisi akademik kepalasekolah. Supervisi akademik kepala sekolah menjadi salah satu kegiatan membantu guru meningkatkan kemampuan profesionalnya dalam memahami kehidupan di kelas dengan menggunakan tipe atau gaya supervisi. Platform Merdeka Mengajar (PMM) ialah salah satu sarana yang diperkenalkan oleh Kemendikbud untuk mendukung para guru dalam mengajar sesuai dengan kebutuhan individu siswa dan menyediakan latihan untuk meningkatkan keterampilan serta berpartisipasi dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. ProyekPenguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) menjadi bagian dari Kurikulum Merdeka yang memberikan peluang kepada siswa untuk meningkatkan keterampilan mereka dan memperkuat pengembangan enam dimensi profil pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan (a) mendeskripsikan tingkat supervisi akademik kepala sekolah di SMAN se-Kota Malang (b) mendeskripsikan tingkat pemanfaatan PMM di SMAN se-Kota Malang (c) mendeskripsikan tingkat implementasi P5 di SMAN se-Kota Malang (d) menguji menganalisis dan menjelaskan pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap implementasi P5 di SMAN se-Kota Malang (e) menguji menganalisis dan menjelaskan pengaruh PMM terhadap implementasi P5 di SMAN se-Kota Malang dan (f)menguji menganalisis dan menjelaskan pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan PMM terhadap implementasi P5 di SMAN se-Kota Malang. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif serta regresi berganda. Populasinya terdiri dari 580 responden yang berasal dari 11 SMA di Kota Malang. Sampel diambil dengan formula Slovin hasilnya sejumlah 237 guru di SMAN se-Kota Malang menjadi sampel penelitian. Proses pengumpulan data dilakukan melalui tahapan persiapan pelaksanaan pengelolaan dan pelaporan data. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknikdeskriptif dan regresi berganda. Hasil penelitian mencakup (a) supervisi akademik kepala sekolah di SMAN se-Kota Malang sangat tinggi (b) penggunaan PMM sesuai dengan kebutuhan mengajar guru dan juga membantu guru di SMAN se-Kota Malang sangat tinggi (c) implementasi P5 di SMAN se-Kota Malang menunjukkan kinerja yang sangat baik dan sesuai harapan (d) terdapat pengaruh signifikansupervisi akademik kepala sekolah terhadap implementasi P5 di SMAN se-Kota Malang (e) terdapat pengaruh signifikan PMM terhadap implementasi P5 di SMAN se-Kota Malang dan (f) terdapat pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan PMM terhadap implementasi P5 di SMAN se-Kota Malang. Saran penelitian ini ditujukan kepada (a) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang dapat mengevaluasi serta membimbing kepala sekolah dalam melaksanakan program Kurikulum Merdeka sehingga pelaksanaan program P5 meningkat dengan baik khususnya jenjang SMA (b) Kepala SMAN se-KotaMalang dapat mempertahankan dan meningkatkan kegiatan supervisiakademiknya sesuai dengan yang diharapkan oleh guru (c) Bagi Guru SMAN se-Kota Malang dapat meningkatkan pemahaman mengenai penggunaan PMM agar proses pembelajaran disekolah dapat berjalan secara efektif dan efisien (d) Koordinator Departemen Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini dapat memberikan tambahan informasi mengenai urgensi pemahaman administrasipendidikan bagi lulusan administrasi pendidikan dan (e) Peneliti Lain hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai tambahan referensi dengan menggunakan pendekatan penelitian dan variabel yang berbeda sehingga menarik untuk diteliti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 May 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/306094 |
Actions (login required)
View Item |