Arlanda, Aam Nora (2023) Manajamen program aspiration of sabhatansa (aos) dalam membentuk karakter peserta didik (studi kasusu di sma negeri 7 malang) / Aam Nora Arlanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Siswa adalah orang yang belajar atau mengikuti kegiatan pendidikan disuatu lembaga pendidikan yaitu sekolah. Sekolah tidak hanya bertanggung jawabterhadap siswa yang berprestasi dalam bidang IPTEK tetapi juga terhadap jatidiri karakter dan kepribadian. Pendidikan karakter dan budi pekerti melaluisekolah tidak dapat dilakukan hanya dengan mempelajari ilmu pengetahuan tetapidengan menanamkan atau membudayakan nilai-nilai sehingga lahir generasipenerus bangsa yang tumbuh dan berkembang bersama karakter yang bernafaskannilai-nilai luhur bangsa. dan agama.Fokus penelitian ini adalah pengelolaan program sebagai penunjangpembelajaran dan pengembangan siswa. Penelitian ini berfokus pada limapertanyaan (1) Merancang program AOS untuk membangun karakter siswa SMANegeri 7 Malang (2) Menyelenggarakan program AOS untuk membangunkarakter siswa SMA. Negeri 7 Malang (3 Implementasi program AOS dalampengembangan karakter siswa SMA Negeri 7 Malang (4) Monitoring danevaluasi program AOS dalam pengembangan karakter siswa SMA Negeri 7Malang (5) Perayaan untuk mendukung keberhasilan AOS karakter programpengembangan siswa.vRINGKASANNora Arlanda Aam. 2023. Manajemen Program Aspiration of Sabhatansa (Aos)dalam Membentuk Karakter Peserta Didik (Studi Kasus di SMA Negeri7 Malang). Skripsi Departemen Administrasi Pendidikan FakultasIlmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H.Ahmad Yusuf Sobri S. Sos M. Pd (II) Dr. AsepSunandar S. Pd. M.AP.Kata kunci karakter peserta didik aspirasi dan manajemen peserta didikSiswa adalah orang yang belajar atau mengikuti kegiatan pendidikan disuatu lembaga pendidikan yaitu sekolah. Sekolah tidak hanya bertanggung jawabterhadap siswa yang berprestasi dalam bidang IPTEK tetapi juga terhadap jatidiri karakter dan kepribadian. Pendidikan karakter dan budi pekerti melaluisekolah tidak dapat dilakukan hanya dengan mempelajari ilmu pengetahuan tetapidengan menanamkan atau membudayakan nilai-nilai sehingga lahir generasipenerus bangsa yang tumbuh dan berkembang bersama karakter yang bernafaskannilai-nilai luhur bangsa. dan agama.Fokus penelitian ini adalah pengelolaan program sebagai penunjangpembelajaran dan pengembangan siswa. Penelitian ini berfokus pada limapertanyaan (1) Merancang program AOS untuk membangun karakter siswa SMANegeri 7 Malang (2) Menyelenggarakan program AOS untuk membangunkarakter siswa SMA. Negeri 7 Malang (3 Implementasi program AOS dalampengembangan karakter siswa SMA Negeri 7 Malang (4) Monitoring danevaluasi program AOS dalam pengembangan karakter siswa SMA Negeri 7Malang (5) Perayaan untuk mendukung keberhasilan AOS karakter programpengembangan siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berkaitan dengandeskriptif dimana desain yang digunakan peneliti adalah studi kasus. Lokasipenelitian ini adalah SMA Negeri 7 Malang berdasarkan studi kasus yang terjadiserta materi sekolah. Wawancara observasi studi pustaka studi sejenis catatanlapangan dan dokumentasi digunakan sebagai data. Proses analisis data yangdilakukan peneliti adalah reduksi data penyajian dan verifikasi data.Temuan peneliti perencanaan program AOS di SMA Negeri 7 Malangberangkat dari fenomena yang terjadi di sekolah. Pengorganisasian program AOSdalam membentuk karakter peserta didik di SMA Negeri 7 Malang merupakanprogram kerjasama antara MPK OSIS dan guru. Pelaksanaan program AOSmenyediakan layanan aspirasi peserta didik melalui google form. Link dikirimbergantian oleh MPK dan OSIS setiap seminggu sekali kepada peserta didik.Hasil pelaksanaan program AOS setiap minggu harus diberikan kepada ketuaOSIS kemudian baru dilaporkan kepada kepala sekolah. Jadi ketua OSISmelakukan pengawasan secara langsung. Ketua OSIS dan anggota mengadakanevaluasi rutin setiap satu bulan sekali. Sedangkan kepala sekolah melakukanevaluasi setiap dua sampai tiga bulan sekali dengan ketua OSIS ketua MPK danguru. Hasil evaluasi memberi guru ide-ide baru untuk membuat kegiatan yangmendorong siswa dengan karakter yang baik. Program AOS meliputi kepalasekolah yang memberikan persetujuan atas pelaksanaan program AOS guru kelas viyang membantu mendistribusikan link AOS kepada siswa di kelas dan siswaberpartisipasi mengisi formulir AOS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 04:29 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 06:48 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/306079 |
Actions (login required)
View Item |