Rahmah, Denada Awliya (2023) Pengaruh tipe kepemimpinan Kepala Sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru dasar Negeri di Kecamatan Klojen Kota Malang / Denada Awliya Rahmah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tipe kepemimpinan kepala sekolah adalah pola tingkah laku kepala sekolah dalam mempengaruhi sifat pegawai untuk dapat bertanggung jawab terhadap tugas dan menjalankannya dengan senang hari dalam tujuan bersama yang sudah ditentukan. Motivasi sebagai alat untuk meningkatkan kinerja guru yaitu kontributor lain untuk kesuksesan meningkatkan kualitas pendidikan. Kinerja guru sangat menentukan mutu pendidikan berhasil atau tidaknya proses pembelajaran sangat bergantung pada kualitas guru. Kinerja guru dalam proses pembelajaran juga sangat penting dalam menciptakan efisiensi pembelajaran. Guru pemimpin dan siswa semua memainkan peran dalam mengevaluasi dan meningkatkan kinerja guru sehingga siswa menerima pendidikan berkualitas tinggi. Kinerja guru dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya tipe kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tipe kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) tipe kepemimpinan kepala sekolah (2) motivasi kerja guru (3) kinerja guru (4) pengaruh tipe kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru (5) pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru (6) pengaruh tipe kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif berdasarkan rancangan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada di SD Negeri Kecamatan Klojen Kota Malang yang berjumlah 259 guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan Propotional random sampling dari keseluruhan populasi yaitu berjumlah 158 guru di SD Negeri Kecamatan Klojen Kota Malang. Variabel dalam penelitian ini adalah tipe kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja sebagai variabel bebas dan kinerja guru sebagai variabel terikat. Uji prasyarat yang digunakan meliputi (1) teknik analisis deskriptif dan (2) uji asumsi data yaitu uji normalitas uji heteroskedastisitas dan uji multikolinearitas. Perhitungan hipotesis dilakukan dengan (1) uji t (2) uji f (3) analisis regresi linear berganda dan (4) koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tipe kepemimpinan kepala SD Negeri se-Kecamatan Klojen berada dalam kualifikasi rendah dan tipe kepemimpinan yang lebih dominan di SD Negeri Kecamatan Klojen adalah tipe laissez faire (2) Motivasi kerja guru di SD Negeri Kecamatan Klojen berada dalam kualifikasi sedang (3) Kinerja guru di SD Negeri Kecamatan Klojen berada dalam kualifikasi rendah (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara tipe kepemimpinan terhadap kinerja guru yang ditunjukkan dengan nilai t hitung 6 197 gt t tabel 1 975 (5) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru yang ditunjukkan dengan nilai t hitung 7 388 gt t tabel 1 975 (6) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara tipe kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru yang ditunjukkan dengan nilai f hitung 62 374 gt f tabel 2 66. Dengan demikian tipe kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terbukti menjadi faktor yang mempengaruhi kinerja guru. Berdasarkan simpulan penelitian saran yang diajukan penelitian adalah (1) Bagi Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang dapat memberikan pembinaan dan pengarahan di SD Negeri di Kecamatan Klojen terkait dengan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan seperti pelatihan untuk meningkatkan kinerja guru dan kepala sekolah. (2) Bagi kepala sekolah diharapkan kepala sekolah hendaknya dapat meningkatkan dan mempertahankan tipe kepemimpinan yang tepat agar dapat mengelola organisasi yang dipimpinnya dengan baik dan dapat menyesuaikan tipe kepemimpinannya dengan kondisi yang ada di sekolah yang di pimpinnya. Memberikan bimbingan dan motivasi melalui seminar dan pelatihan kepada guru dalam rangka memperbaiki hal-hal yang kurang di dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru. (3) Bagi Guru diharapkan para guru senantiasa meningkatkan kinejanya sebagai upaya menciptakan pembelajaran yang efektif efisien dan menyenangkan. Guru harus memperhatikan tiga komponen penting di dalam pembelajaran yaitu perencanaan pelaksanaan dan penilaian/ evaluasi pembelajaran. (4) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengembangkan hasil penelitian ini dengan menambahkan variabel-variabel lain yang mempengaruhi kinerja guru selain tipe kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja. Peneliti selanjutnya juga dapat memperluas objek penelitian sehingga hasil penelitian dapat bersifat komprehensif dan bisa digeneralisasikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/306073 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |