Amin, Muhammad Iqbal (2024) Manajemen program holistik integratif dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini (studi kasus di kb-tk negeri pembina 1 kota malang) / Muhammad Iqbal Amin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Anak usia dini adalah manusia yang berada dalam rentang usia 0-6 tahun. Dalam usia ini anak memiliki perkembangan yang sangat pesat perkembangan manusia terjadi di usia dini ada sekitar 40%. Usia dini merupakan usia yang sangat baik untuk memberikan stimulasi pada anak agar dapat berkembang. Untuk itu penanaman nilai-nilai karakter merupakan hal yang sangat perlu dilaksanakan pada anak usia dini agar anak menjadi pribadi yang lebih baik berakhlak dan bermoral bagi kehidupan bangsa. Salah satu tempat guna menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini ialah pada jenjang sekolah yakni di pendidikan anak usia dini (PAUD). Adapun program yang dapat mendukung implementasi nilai-nilai karakter ini yaitu program holistik integratif. Holistik integratif merupakan program penanganan anak usia dini secara menyeluruh yang didalamnya mencakup berbagai kebutuhan seperti layanan gizi dan kesehatan pendidikan dan pengasuhan serta perlindungan untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat pemerintah daerah dan pusat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan (1) nilai-nilai karakter yang ditanamkan melalui program holistik integratif di KB-TK Negeri Pembina 1 Kota Malang (2) perencanaan program holistik integratif dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini di KB-TK Negeri Pembina 1 Kota Malang (3) pelaksanaan program holistik integratif dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini di KB-TK Negeri Pembina 1 Kota Malang dan (4) evaluasi program holistik integratif dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini di KB-TK Negeri Pembina 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini yaitu di KB-TK Negeri Pembina 1 Kota Malang. Informan pada penelitian ini yaitu Kepala Sekolah Koordinator program holistik integratif dan Wali Murid. Tahap pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam observasi dan studi dokumentasi. Tahap analisis data dilakukan dengan teknik pengumpulan data kondensasi data penyajian data kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pada tahap uji keabsahan data dilakukan dengan empat tahap uji yakni uji kredibilitas (credibility) uji transferabilitas (tranferability) uji dependabilitas (dependability) dan uji konfirmabilitas (konfirmability). Tahap-tahap penelitian ini dilakukan mulai dari perencanaan pelaksanaan dan penyusunan laporan. Hasil yang didapat dari penelitian ini dapat disimpulkan (1) nilai-nilai karakter yang ditanamkan melalui program holistik integratif di KB-TK Negeri Pembina 1 Kota Malang meliputi karakter religius mandiri gotong royong disiplin dan peduli (2) perencanaan program holistik integratif dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini dilakukan dengan parenting yang mana didalamnya membahas progam yang diterapkan dan menentukan nilai-nilai karakter yang ditanamkan kemudian penyusunan RPPH yang berisi susunan program serta materi pembelajaran (3) pelaksanaan program holistik integratif dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini dilaksanakan secara menyeluruh meliputi tiga aspek kebutuhan anak yakni kesehatan dan gizi yang bekerja sama dengan Puskesmas Arjuno serta Klinik UB. Pendidikan dan pengasuhan yang dilaksanakan dengan program mengaji UMMI puncak tema serta pengolahan sampah. Kemudian perlindungan anak yang dilakukan dengan pengadaan satpam dan penjaga sekolah serta sosialisasi perlindungan anak (4) evalusi program holistik integratif dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini dilaksanakan setiap rapat koordinasi di akhir kegiatan yang diikuti oleh kepala sekolah dan semua guru guna menemukan hambatan dan perbaikan serta melihat dampak ke peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis memberikan saran kepada (1) Kepala KB-TK Negeri Pembina 1 Kota Malang untuk merumuskan pengorganisasian dengan lebih terstuktur untuk mengurangi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan program (2) Guru KB-TK Negeri Pembina 1 Kota Malang diharapkan mampu menjadi pedoman guna mengembangkan program holistik integratif dalam menanamkan nilai-nilai karakter yang belum ditanamkan pada anak usia dini (3) Kabid PAUD dan Dikmas Kota Malang diharapkan dapat dijadikan bahan evaluasi mengenai penerapan program holistik integratif di seluruh TK di Kota Malang (4) Peneliti lain dapat dijadikan sebagai bahan acuan dalam pengumpulan data untuk menyusun makalah artikel atau karya tulis lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 02:50 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/306066 |
Actions (login required)
View Item |