Ramadhinah, Nuraini Ramadhinah (2023) Strategi teaching factory (tefa) untuk optimalisasi kemitraan sekolah terpercaya dengan dunia usaha dan industri (dudi) (studi kasus di smk muhammadiyah 1 malang) / Nuraini Ramadhinah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
TeFa sebagai cara dalam mendidik dan melatih keahlian kejuruan dengan mensinkronkan antara program pendidikan di sekolah dengan penguasaan yang dipraktikkan secara langsung. Tujuan utama yaitu mengoptimalkan hasil belajar dengan terjun menjadi tenaga kerja yang canggih. Dilihat dari kualitas stakeholder internal SMK Muhammadiyah 1 Malang tentunya akan menarik stakeholder eksternal untuk bekerjasama. Sekolah tersebut termasuk sekolah pusat unggulan dan satu-satunya di Kota Malang yang memiliki TeFa berupa bengkel yang bekerjasama dengan Yamaha Pertamina dan pengelolaan bagus hingga dipercayai oleh Polres untuk mengelola motor gede. Hal tersebut dimanfaatkan untuk TeFa jurusan teknik bisnis sepeda motor. Tujuan dari adanya penelitian yaitu untuk mendeskripsikan terkait (1) konsep dasar TeFa SMK Muhammadiyah 1 Malang (2) strategi pengorganisasian TeFa SMK Muhammadiyah 1 Malang (3) upaya optimalisasi kemitraan sekolah terpercaya dengan DUDI SMK Muhammadiyah 1 Malang dan (4) strategi penguatan peran stakeholder TeFa SMK Muhammadiyah 1 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus mengenai strategi yang digunakan sekolah dalam mengelola TeFa hingga menjadi kemitraan sekolah terpercaya bagi para DUDI. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Malang dengan alamat di Jl Galunggung No. 37 A-B Gading Kasri Kecamatan Klojen Kota Malang Jawa Timur 65115. Proses pengumpulan data dengan melakukan teknik pengumpulan data meliputi (1) wawancara mendalam (2) non participant observation dan (3) dokumentasi. Informan dari penelitian ini yaitu kepala sekolah pendidik kejuruan dan ketua bengkel sekretaris dan bendahara waka humas (kemitraan DUDI) DUDI serta peserta didik sebagai mekanik TeFa. Berdasarkan pengumpulan data dengan menggunakan metode tersebut maka dapat disimpulkan bahwa (1) Teaching Factory SMK Muhammadiyah 1 Malang menyediakan dalam bentuk jasa yang berbeda dengan SMK yang memiliki TeFa serupa. Perbedaanya terletak pada jasa yang diberikan dengan berstandar tinggi. TeFa SMK Muhammadiyah 1 Malang diberikan kepercayaan lebih dari DUDI dan masyarakat. Adapun tujuannya untuk sebagai link and match dengan DUDI mempersiapkan peserta didik yang kompeten dalam bidangnya memiliki sikap yang berkarakter dan beragama. Serta menjadi branding atau icon TeFa SMK Muhammadiyah 1 Malang sehingga dapat merubah stigma kurang baik dari masyarakat terhadap SMK. Manfaat yang dapat dirasakan yaitu dana yang didapatkan untuk kebutuhan TeFa sertifikasi kompetensi bagi peserta didik memiliki pengalaman nyata pada praktik kerja lapangan dan keterserapan tenaga kerja (2) strategi pengorganisasian Teaching Factory SMK Muhammadiyah 1 Malang meliputi kepala sekolah ketua TeFa dan pendidik kejuruan sekretaris dan bendahara waka humas kemitraan DUDI serta peserta didik atau mekanik. Setiap pihak yang terlibat telah melaksanakan tugas dengan baik meskipun terdapat perangkapan jabatan. Namun hal tersebut tidak menjadi permasalahan dan kendala yang besar. Pengelolaan TeFa SMK Muhammadiyah 1 Malang tetap terlaksanakan dengan maksimal karena kerja sama satu sama lain tercipta harmonis baik dari hubungan kerja maupun suasana kerja (3) upaya optimalisasi kemitraan sekolah terpercaya DUDI SMK Muhammadiyah 1 Malang Peserta didik dapat membuktikan kualitas kompetensinya dalam menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Hal tersebut merupakan upaya menjadi sekolah terpercaya sehingga dapat mempertahankan kerjasama dengan DUDI. Selain itu pengelolaan yang jelas dan administrasi pelayanan juga akan mempertahankan kerjasama dengan masyarakat dan customer. Dengan begitu kontribusi DUDI yang diberikan pada TeFa SMK Muhammadiyah 1 Malang seperti Pertamina Yamaha menunjang praktik pembelajaran dan kerja di lapangan serta Polres sebagai customer yang mempercayakan dalam penanganan maupun perbaikan moge polisi (4) strategi penguatan peran stakeholder TeFa SMK Muhammadiyah 1 Malang dimulai dari kepala sekolah yang senantiasa memantau dan memotivasi setiap kinerja dan proses. Tak lupa kerjasama yang terjalin antar pengelola TeFa SMK Muhammadiyah 1 Malang atau stakeholder internal juga diperlukan. Seperti pendidik dan peserta didik yang saling berkolaborasi dengan baik serta saling menghormati dan menghargai. Adapun stakeholder eksternal yang mendukung seperti DUDI masyarakat dan orangtua peserta didik. Orangtua peserta didik sangat senang akan pembinaan TeFa SMK Muhammadiyah 1 Malang karena anaknya dapat berubah menjadi lebih baik dan profesional. Begitu pula jalinan kerjasama dengan Pertamina Yamaha dan Polres merasakan bangga dengan progress yang berkembang dengan signifikan. Hal tersebut tentunya dilakukan dengan saling berkaitan konsisten berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/306065 |
Actions (login required)
View Item |