Pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah dan iklim organisasi terhadap motivasi kerja guru sekolah dasar negeri sekupang batam / Durrotul Hikmah Fajriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah dan iklim organisasi terhadap motivasi kerja guru sekolah dasar negeri sekupang batam / Durrotul Hikmah Fajriani

Fajriani, Durrotul Hikmah Fajriani (2024) Pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah dan iklim organisasi terhadap motivasi kerja guru sekolah dasar negeri sekupang batam / Durrotul Hikmah Fajriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepemimpinan visioner iklim organisasi motivasi kerja guru Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menjadi wadah bagi para peserta didik untuk memperoleh pendidikan. Mengelola sebuah lembaga pendidikan dibutuhkan sosok kepala sekolah yang berkualitas untuk menyelaraskan semua program sekolah sebagaimana yang tercantum dalam visi kelembagaannya. Kepemimpinan visioner kepala sekolah salah satunya ditandai oleh kemampuan pemimpin dalam membuat perencanaan yang jelas sehingga dari rumusan visinya tersebut akan tergambar sasaran yang hendak dicapai dari pengembangan lembaga yang dipimpinnya. Motivasi kerja guru merupakan syarat guru dalam mendemonstrasikan keterampilan kemampuan serta produktivitas kinerja mereka. Faktor lain seperti iklim sekolah dan motivasi kerja menjadi perhatian utama dalam mengoptimalkan kinerja guru. Iklim sekolah juga mempunyai peran penting dalam meningkatkan kinerja guru. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan motivasi kerja guru Sekolah Dasar Negeri Sekupang Batam (2) mendeskripsikan kepemimpinan visioner kepala sekolah Sekolah Dasar Negeri Sekupang Batam (3) mendeskripsikan iklim sekolah Sekolah Dasar Negeri Sekupang Batam (4) mengetahui pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Sekupang Batam (5) mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Sekupang Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif dan regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah 13 Sekolah Dasar Negeri Sekupang Batam. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 392 guru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling sehingga jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah berjumlah 198 guru Sekolah dasar Negeri Sekupang Batam. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa tahap mulai dari persiapan pelaksanaan pengumpulan pengolahan dan pelaporan. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif dan regresi berganda. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) kepala sekolah Sekolah dasar Negeri Sekupang Batam memiliki kepemimpinan visioner yang sangat baik (2) guru Sekolah Dasar Negeri Sekupang Batam memiliki iklim sekolah yang baik (3) guru Sekolah dasar Negeri Sekupang Batam memiliki motivasi kerja yang baik (4) Terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan visioner terhadap motivasi kerja guru (5) Terdapat pengaruh yang signifikan iklim sekolah terhadap motivasi kerja guru (6) Terdapat hubungan signifikan kepemimpinan visioner kepala sekolah iklim sekolah berpengaruh terhadap motivasi kerja. Kepemimpinan visioner dan iklim sekolah berpengaruh terhadap peningkatan motivasi guru Sekolah dasar Negeri Sekupang Batam. Saran dari penelitian ini ditujukan kepada (1) Kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam diharapkan dapat mengevaluasi serta membimbing kepala sekolah dalam kepemimpinannya sehingga kinerja guru dan kualitas pendidikan khususnya jenjang Sekolah Dasar Negeri bisa meningkat. (2) Kepala Sekolah dasar Negeri Sekupang Batam perlu mempertahankan dan meningkatkan kepemimpinan visionernya. (3) Bagi Guru Sekolah dasar Negeri Sekupang Batam dapat meningkatkan motivasi kerja dan juga dapat berpengaruh terhadap kinerjanya agar pembelajaran di sekolah dapat berjalan secara efektif dan efisien. (4) Untuk Program Studi Manajemen Pendidikan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan tambahan informasi mengenai urgensi pemahaman manajemen pendidikan bagi lulusan manajemen pendidikan. (5) Bagi Peneliti lain diharapkan dapat dijadikan sebagai tambahan refrensi untuk penyempurnaan penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/306061

Actions (login required)

View Item View Item