Pengaruh dimensi kualitas layanan jasa terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen Araya Golf & Family Club) / Ita Riana Ardhiani

Ardhiani, Ita Riana (2010) Pengaruh dimensi kualitas layanan jasa terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen Araya Golf & Family Club) / Ita Riana Ardhiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardhiani, Ita Riana. 2009. Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Jasa Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Araya Golf & Family Club). Skripsi, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sopiah, M.Pd.,M.M, (II) Afwan Hariri Agus Prohimi, S.E.,M.Si Kata Kunci : jasa, dimensi kualitas jasa, keputusan pembelian. Dimensi Kualitas jasa adalah atribut yang merupakan cerminan dari keseluruhan sikap pelanggan terhadap penyerahan jasa, yang terbentuk dari sejumlah pengalaman jasa yang berhasil maupun yang tidak berhasil. Dimensi Kualitas Jasa meliputi: reliability, responsiveness, assurance, emphaty, tangibles. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dan kausalitas dimana penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan atau pengaruh antara dua variabel atau lebih dengan menjelaskan hubungan antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis serta memberi gambaran yang jelas tentang keadaan-keadaan objek penelitian. Variabel yang diteliti adalah masalah dimensi kualitas jasa sebagai variabel bebas (X) yang terdiri atas reliability (X1), responsiveness (X2), assurance (X3), emphaty (X4), dan tangibles (X5), dan variabel terikat (Y) dalam hal ini terhadap keputusan pembelian. Instrumen penelitian yang digunalan adalah kuisioner tertutup dengan menggunakan skala likert dengan 5 pilihan jawaban dan disebarkan kepada 75 responden sebagai dampel dengan menggunakan tehnik Purposive Sampling. Penelitian ini dilakukan di Araya Golf & Family Club Malang. Berdasarkan hasil analisis data secara parsial diketahui bahwa pengaruh reliability (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) diperoleh nilai &#946;1= 0,144 dan nilai t. Hitung =1,506. Sehingga t Hitung < t Tabel (1,980) pada taraf kepercayaan 95% dengan tingkat signifikansi 0,137 &#61619; &#945; (0.05). Hal ini membuktikan bahwa tidak terdapat pengaruh positif signifikan antara variabel reliability (X1) terhadap keputusan pembelian (Y). Pengaruh responsiveness (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) diperoleh nilai &#946;2= 0,168 dan nilai t. Hitung =1,646. Sehingga t Hitung < t Tabel (1,980) pada taraf kepercayaan 95% dengan tingkat signifikansi 0,104 &#61619; &#945; (0.05). Hal ini membuktikan bahwa tidak terdapat pengaruh positif signifikan variabel responsiveness (X2) terhadap keputusan pembelian (Y). Pengaruh assurance (X3) terhadap keputusan pembelian (Y) diperoleh nilai &#946;3= 0,079 dan nilai t. Hitung. 0,964. Sehingga t Hitung < t Tabel (1,980) pada taraf kepercayaan 95% dengan tingkat signifikansi 0,338 &#61619; &#945; (0.05). Hal ini membuktikan bahwa tidak terdapat pengaruh positif signifikan variabel assurance (X3) terhadap keputusan pembelian (Y). Pengaruh emphaty (X4) terhadap keputusan pembelian (Y) diperoleh nilai &#946;4= 0,590 dan nilai t. Hitung = 5,954. Sehingga t Hitung > t Tabel (1,980) pada taraf kepercayaan 95% dengan tingkat signifikansi 0,000 &#8804; &#945; (0.05). Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan variabel emphaty (X4) terhadap keputusan pembelian (Y). Pengaruh tangibles (X5) terhadap keputusan pembelian (Y) diperoleh nilai &#946;5= 0,022 dan nilai t. Hitung = 0,200 . Sehingga t Hitung < t Tabel (1,980) pada taraf kepercayaan 95% dengan tingkat signifikansi 0,842 &#61619; &#945; (0.05). Hal ini membuktikan bahwa tidak terdapat pengaruh positif signifikan variabel tangibles (X5) terhadap keputusan pembelian (Y). Dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai F Hitung = 36,720 sehingga nilai F Hitung > F Tabel (2,300) pada taraf kepercayaan 95% dengan tingkat signifikansi 0,000 &#8804; &#945; (0.05). Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan variabel reliability (X1), responsiveness (X2), assurance (X3), emphaty (X4), dan tangibles (X5), secara simultan terhadap keputusan pembelian (Y). Berdasarkan hasil regresi model summary dilihat bahwa nilai Adj. R Square sebesar 0,707. Hal ini berarti 71% keputusan pembelian (Y) dipengaruhi oleh dimensi kualitas jasa (X ) yang terdiri dari reliability (X1), responsiveness (X2), assurance (X3), emphaty (X4), dan tangibles (X5) . Sedangkan sisanya 29% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan analisis dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dimensi kualitas layanan jasa yang terdiri atas reliability, responsiveness, assurance, emphaty, tangibles yang telah diterapkan oleh Araya Golf & Family Club Malang telh mampu menarik respon baik dari konsumen. Secara simultan dimensi kualitas layanan jasa yang terdiri atas reliability, responsiveness, assurance, emphaty, tangibles memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu secara parsial emphaty memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Reliability, responsiveness, assurance, dan tangibles tidak memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari kelima aspek dimensi kualitas jasa tersebut, variabel emphaty memiliki determinasi tinggi dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen Araya Golf & Family Club Malang. Hal ini karena variabel emphaty yang terdiri atas kemampuan perusahaan memberikan pelanggan perhatian individual, karyawan yang mengerti mode, karyawan yang memperhatkan kepentingan pelanggan, serta jam buka yang nyaman dapat memberikan persepsi positif dari konsumen sehingga dalam penelitian ini. Pada penelitian ini perusahaan disarankan untuk mempertahankan atau lebih meningkatkan faktor emphaty dikarenakan hal tersebut dapat memberikan ciri khas tersendiri bagi Araya Golf & Family Club Malang serta disarankan pada penelitia selanjutnya untuk menggunakan objek penelitian yang berbeda dengan jumlah sampel yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30606

Actions (login required)

View Item View Item