Octaviani, Rusma Indri Octaviani (2023) Sumbangan persepsi dan efikasi diri mahasiswa terhadap tingkat keberhasilan program asistensi mengajar merdeka belajar kampus merdeka di fakultas ilmu pendidikan universitas negeri malang / Rusma Indri Octaviani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Universitas Negeri Malang (UM) merupakan salah satu Universitas Negeri di Malang yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan Asisten Mengajar Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan Asistensi Mengajar MBKM cukup banyak dan antusias dalam menjalankannya hal ini dibuktikan dengan adanya 613 Mahasiswa yang mengikuti program Asistensi Mengajar MBKM di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang khususnya pada Angkatan 2018 menurut data dari FIP UM pada tahun 2021. Berdasarkan hasil obervasi yang telah dilakukan mahasiswa memiliki berbagai pandangan dan kepercayaan diri yang berbeda mengenai program Asistensi Mengajar yang menjadi kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Pandangan tersebut didapatkan berdasarkan pengalaman dari rekan sejawat yang tengah atau akan mengikuti program tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui persepsi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Malang terhadap tingkat keberhasilan program Asistensi Mengajar Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) (2) Mengetahui efikasi diri mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Malang terhadap keberhasilan program Asistensi Mengajar Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) (3) Mengetahui bagaimana tingkat keberhasilan program Asistensi Mengajar Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Fakultas Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Malang (4) Mengatahui Sumbangan Persepsi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang terhadap keberhasilan program Asistensi Mengajar Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) (5) Mengatahui Sumbangan efikasi diri mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang terhadap keberhasilan program Asistensi Mengajar Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) (6) Mengetahui Sumbangan Persepsi dan efikasi diri mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Malang terhadap keberhasilan program Asistensi Mengajar Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan peneltian deskriptif korelasional. Terdapat beberapa teknik yang diguanakan yaitu (1) analisis deskriptif (2) uji asumsi (3) uji hipotesis dan (4) regresi ganda. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Angkatan Tahun 2018 yang berjumlah 613. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dimana jumlah sampel dihitung dengan formula Slovin karena sampel yang baik merupakan sampel yang dapat mewakili atau representative ialah sampel yang mencerminkan sifat dan karakter yang terdapat pada populasi. Sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 242. Hasil penelitian ini adalah (1) Persepsi mahasiswa terhadap tingkat keberhasilan program Asistensi Mengajar MBKM di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang tergolong sangat tinggi dengan persentase 68%. Karakteristik yang dominan dalam mempengaruhi timbulnya persepsi pada diri individu adalah faktor situasi 88% faktor sasaran persepsi 63% dan faktor diri yang bersangkutan 73% (2) Efikasi diri mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang terhadap tingkat keberhasilan program Asistensi Mengajar MBKM termasuk kategori sangat tinggi dengan persentase 61%. Faktor Efikasi diri mahasiswa yang dominan dalam mempengaruhi Efikasi diri mahasiswa adalah level (tingkatan) persentase 55% generality (keumuman) 53% dan strength (kekuatan) 43% (3) Tingkat keberhasilan program Asistensi Mengajar MBKM di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang tergolong tinggi dengan persentase 57%. Program Asistensi Mengajar MBKM yang dominan dalam tingkat keberhasilannya adalah program duta edukasi perubahan perilaku dimasa pandemi 52% program membantu adaptasi tektologi dalam proses pembelajaran 17% mendukung kepala sekolah dalam bidang administrasi dan manajerial sekolah 20% sosialisasi dan improvisasi materi promosi profil pelajar Pancasila 29% membantu guru dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah maupun pembelajaran jarak jauh khususnya dalam pembelajaran literasi dan numerisasi 10% dan sosialisasi produk pembelajaran kemendikbudristek 5% (4) Sumbangan Persepsi diri mahasiswa terhadap tingkat keberhasilan program Asistensi Mengajar MBKM di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang memperoleh hasil kedua variabel tersebut memiliki pengaruh yang signifikan dan positif serta memiliki tingkatan korelasi kuat (5) Sumbangan efikasi diri mahasiswa terhadap tingkat keberhasilan program Asistensi Mengajar MBKM di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang memperoleh hasil kedua variabel tersebut memiliki pengaruh yang signifikan dan positif serta memiliki tingkatan korelasi sedang dan (6) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara persepsi dan Efikasi diri mahasiswa terhadap tingkat keberhasilan program Asistensi Mengajar MBKM di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang serta memiliki kategori korelasi kuat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/306045 |
Actions (login required)
View Item |