Nandra, Audie (2012) Pengembangan media pembelajaran interaktif ilmu pengetahuan alam untuk siswa kelas VIII semester II di SMPLB-C Sumber Dharma Kota Malang / Audie Nandra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pengembangan media pembelajaran interaktif ilmu pengetahuan alam tuna grahita Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berbentuk media pembelajaran interaktif berbasis komputer Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan cara tumbuhan membuat makanan. Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan cara tumbuhan membuat makanan merupakan pembelajaran mengenai unsur yang dibutuhkan dalam pembuatan makanan pada tumbuhan proses pembuatan makanan pada tumbuhan kebutuhan sumber makanan bagi manusia dan kelompok sumber makanan dari tumbuhan. Sementara itu media pembelajaran pada bahasan ini hanya tersedia dalam bentuk gambar yang dirasa kurang menarik. Pengembangan media pembelajaran interaktif akan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi ketertarikan siswa peserta didik terhadap sajian materi di dalamnya serta sesuai dengan aplikasi pembelajaran individual. Pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa media pembelajaran interaktif yang menggunakan strategi pembelajaran individual dan memiliki tingkat kemenarikan lebih tinggi pada pembelajaran Ilmu pengetahuan alam pokok bahasan cara tumbuhan membuat makanan di SMPLB-C Sumber Dharma Kota Malang. Penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan kualitatif yang artinya dalam pelaksanaan penelitian pengambilan data dilakukan secara alamiah apa adanya dan dalam situasi normal yang tidak dimanipulasi. Pengambilan data juga dilakukan secara alamiah yang artinya dituntut keterlibatan peneliti secara langsung dilapangan.Untuk mengembangkan suatu media pembelajaran diperlukan persiapan dan perencanaan yang teliti sehingga dalam penelitian ini akan dikembangkan model Arief Sadiman. Hasil Pengembangan media pembelajaran interaktif ini memenuhi kriteria valid/layak yakni ahli media 95% ahli materi 96 3% siswa/audiens perseorangan 95% siswa/audiens klasikal 92%. Sedangkan untuk tes hasil belajar secara keseluruhan data lapangan memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Hal ini menunjukkan media pembelajaran interaktif dapat memberikan efek positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa secara menyeluruh. Saran yang diajukan kepada guru pengajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam adalah hendaknya media pembelajaran interaktif ini ditindak lanjuti sampai pada tahap pemanfaatan sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan untuk pengembang selanjutnya dapat mengembangkan media pembelajaran ini menjadi lebih baik lagi tepat guna dan tepat sasaran sehingga dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan yang ada.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/306 |
Actions (login required)
View Item |