Pengaruh bauran pemasaran terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada distro Bandung Sport Blitar / Dian Firma Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bauran pemasaran terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada distro Bandung Sport Blitar / Dian Firma Wijayanti

Wijayanti, Dian Firma (2010) Pengaruh bauran pemasaran terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada distro Bandung Sport Blitar / Dian Firma Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijayanti Dian Firma. 2009. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Pada Distro Bandung Sport Blitar. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs Sutrisno M.M (II) Afwan Hariri Agus Prohimi S.E M.Si. Kata Kunci Bauran Pemasaran Proses Keputusan Pembelian Dengan banyaknya perusahaan yang bergerak dibidang retail di Kota Blitar yang terus meningkat menyebabkan tingkat persaingan dibidang bisnis retail yang ada semakin ketat sehingga menuntut pihak pengusaha untuk menyusun kebijakan dalam rangka menghadapi persaingan yang ada. Salah satu usaha untuk menghadapi persaingan tersebut adalah perusahaan tersebut harus lebih efektif dibandingkan para pesaing dalam menciptakan menyerahkan dan mengkomunikasikan nilai pelanggan kepada pasar sasaran yang tepat. Dalam hal ini perusahaan harus benar-benar efektif dan tepat dalam menerapkanstrategi bauran pemasaran. Semua aspek bauran pemasaran merupakan suatu mata rantai yang tidak dapat terpisahkan dan saling mempengaruhi. Empat aspek bauran pemasaran berupa harga produk tempat dan promosi amat menentukan berhasil tidaknya perusahaan mencapai tujuan. Sebagai satu-satunya aspek pemasaran yang dikendalikan oleh perusahaan aspek bauran pemasaran tersebut harus diformulasikan dan dikombinasikan seefektif mungkin dimana kemudian strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan direspon oleh konsumen. Untuk memahami kebutuhan konsumen bukanlah pekerjaan mudah dan sederhana tetapi bukan suatu yang mustahil untuk dilakukan. Menganalisis perilaku konsumen akan lebih mendalam dan berhasil apabila perusahaan memahami aspek-aspek psikologis manusia secara keseluruhan kekuatan faktor sosial dan budaya serta prinsip-prinsip ekonomis dan strategi pemasaran. Kemampuan dalam menganalisis perilaku konsumen berarti keberhasilan dalam menyelami jiwa konsumen dalam memenuhi kebutuhannya. Dengan demikian berarti pula keberhasilan pengusaha ahli pemasaran pimpinan toko dan pramuniaga dalam memasarkan suatu produk yang membawa kepuasan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kondisi bauran pemasaran (produk harga tempat dan promosi) dan proses keputusan pembelian konsumen pada Distro Bandung Sport Blitar (2) pengaruh bauran pemasaran (produk harga tempat dan promosi) secara parsial terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada Distro Bandung Sport Blitar (3) pengaruh bauran pemasaran (produk harga tempat dan promosi) secara simultan terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada Distro Bandung Sport Blitar. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu bauran pemasaran yang meliputi produk harga tempat dan promosi. Sedangkan variabel terikatnya adalah proses keputusan pembelian konsumen pada Distro Bandung Sport Blitar. Penelitian ini dilakukan di Distro Bandung Sport Blitar pada periode April - Juni 2009. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif korelasional. Analisis data penelitian yang dipakai adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji t dan uji F dalam menguji hipotesisnya. Data penelitian dijaring dengan memberikan kuesioner kepada 73 konsumen Distro Bandung Sport Blitar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa proses keputusan konsumen dalam membeli di Distro Bandung Sport Blitar dipengaruhi oleh bauran pemasaran yang meliputi produk harga tempat dan promosi baik secara parsial maupun secara secara simultan. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat dijadikan pertimbangan manajemen Distro Bandung Sport Blitar dalam meningkatkan penjualannya adalah hendaknya pihak Distro Bandung Sport Blitar menambah jumlah produk yang ada menambah keanekaragaman produk yang dijual lebih memperhatikan dalam penentuan harga barang yang dijualnya karena konsumen sangat sensitif dengan masalah harga memperbaiki tata letak barang yang dijual yang ada di dalamnya melakukan renovasi pada tempat yang lebih menarik menambah promosi dengan lebih sering beriklan baik di koran atau radio dan memasang poster atau baliho agar konsumen mengetahui keberadaan Distro Bandung Sport dan tertarik untuk melakukan pembelian di Distro Bandung Sport Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30586

Actions (login required)

View Item View Item