Badruzzaman, Achmad Badruzzaman (2023) Analisis kompetensi technological, pedagogical, and content knowledge (tpack) mahasiswa pendidikan guru madrasah ibtidaiyah (pgmi) sebagai kerangka pembelajaran abad-21 / Achmad Badruzzaman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Teknologi berperan penting sebagai alat proses sekaligus sumber untuk belajar dan melaksanakan pembelajaran. Penggunaan teknologi selain menawarkan berbagai kesempatan pengalaman belajar yang lebih baik dan menarik juga menimbulkan tantangan besar. Lembaga pendidikan berbasis agama dalam hal ini madrasah dituntut untuk mampu beradaptasi dengan wacana keilmuan modern. TPACK yang merupakan kerangka pengetahuan hadir untuk menjelaskan tiga komponen utama pengetahuan guru (konten pedagogi dan teknologi). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kompetensi TPACK mahasiswa pendidikan guru madrasah ibtidaiyah sebagai kerangka pembelajaran abad-21. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif deskriptif. Data diperoleh dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ma rsquo had Aly Al-Hikam Malang Tahun Akademik 2023/2024 yang telah melaksanakan program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Hasil penelitian menunjukkan kompetensi mahasiswa pendidikan guru madrasah ibtidaiyah dalam kategori baik dengan rincian Technological Knowledge (TK) Content Knowledge (CK) dan Pedagogical Content Knowledge (PCK) terkategori nilai tinggi sedangkan aspek Pedagogical Knowledge (PK) Technological Content Knowledge (TCK) Technological Pedagogical Knowledge (TPK) dan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) terkategori nilai sedang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 06:37 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/305654 |
Actions (login required)
View Item |