Pengaruh model pembelajaran flipped classroom dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa / Muhammad Ridzky Abidzar Yahya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran flipped classroom dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa / Muhammad Ridzky Abidzar Yahya

Yahya, Muhammad Ridzky Abidzar Yahya (2024) Pengaruh model pembelajaran flipped classroom dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa / Muhammad Ridzky Abidzar Yahya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pengamatan kegiatan pembelajaran berpusat kepada guru pada saat kegiatan belajar mengajar dikelas siswa tidak terlibat aktif dan hubungan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran masih belum terlaksana dengan baik. Maka dari itu diperlukan solusi yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu harus menemukan cara efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran Flipped Classroom dan gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menyajikan hasil data yang diperoleh siswa dan siswa SMP Plus Al-Kautsar Kota Malang Tahun 2024 dalam proses pembelajaran IPA. Penelitian ini juga menyajikan data berupa hasil belajar siswa dan siswi kelas VII dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom dan Gaya Belajar (Visual Auditori Kinestetik). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Ekperimental Design dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitiannya yaitu kelas kontrol dan kelas ekperimental. Hasil yang didapatkan diketahui berdasarkan nilai Posstest dan angket yang diberikan kepada kelas control dan kelas eksperimen dan kemudian diuji normalitas homogenitas dan uji hipotesis menggunakan Two Way Anova. Menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji Two Way Anova diperoleh nilai (Ha1) sig. 0.000 lt 0.05) (Ha2) sig. 0.644 gt 0.05) (Ha3) sig. 0.420 gt 0.05). Berdasarkan kajian teori dan perhitungan dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh antara model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa. (2) Tidak terdapat pengaruh antara gaya belajar auditori visual dan kinestetik terhadap hasil belajar siswa. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran flipped classroom dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci Flipped Classroom Gaya belajar Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305650

Actions (login required)

View Item View Item