Ventiana, Yolanda Asri (2023) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament berbantuan quizziz terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa SMP / Yolanda Asri Ventiana</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament merupakan model pembelajaran yang melibatkan aktivitas seluruh peserta didik serta mengandung unsur permainan dalam kelompok kecil tanpa ada perbedaan status. Dalam model ini pembelajaran semakin menyenangkan karena terdapat permainan dan turnamen akademik yang dapat menarik perhatian dan motivasi siswa dalam belajar. Terlebih jika menggunakan media pembelajaran yang tepat maka proses pembelajaran akan berjalan dengan optimal. Kesesuaian pemilihan model dan media dalam proses pembelajaran akan berpengaruh pada hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Quizziz terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa SMP pada materi getaran dan gelombang. Rancangan penelitian ini adalah post-test only control group design dengan jenis penelitian quasy experimental design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa SMP. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 73 21 dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 61 80. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent Samples T-Test diperoleh nilai signifikansi (Sig.(2-tailed)) sebesar 0 000 lt 0 05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/305645 |
Actions (login required)
View Item |