Pengaruh model pembelajaran think pair share berbantuan video edukasi terhadap keaktifan belajar peserta didik mata pelajaran sejarah di sman 1 ponggok / Ananda Fatkiatur Rizki - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran think pair share berbantuan video edukasi terhadap keaktifan belajar peserta didik mata pelajaran sejarah di sman 1 ponggok / Ananda Fatkiatur Rizki

Rizki, Ananda Fatkiatur Rizki (2024) Pengaruh model pembelajaran think pair share berbantuan video edukasi terhadap keaktifan belajar peserta didik mata pelajaran sejarah di sman 1 ponggok / Ananda Fatkiatur Rizki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keaktifan peserta didik merupakan komponen kunci dalam kesuksesan proses pembelajaran yang mencakup aktivitas fisik dan mental. Kondisi saat proses pembelajaran di dalam kelas dapat mempengaruhi seberapa aktif peserta didik dalam proses belajar. Dengan menambah stimulus berupa video edukasi dalam proses pembelajaran akan dapat mempengaruhi keaktifan peserta didik di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dengan berbantuan video edukasi dan tanpa berbantuan video edukasi terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah di SMAN 1 Ponggok. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen desain penelitian yang diterapkan adalah posttest-only kontrol group design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMAN 1 Ponggok. Sedangkan sampel yang akan digunakan pada kelas X-3 sebagai kelas kontrol dan kelas X-4 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument post-test berupa angket keaktifan kepada peserta didik di akhir pertemuan lembar observasi kepada guru dan pengamat wawancara serta dokumentasi. Data analisis menggunakan Uji Independent Sample T-Test dengan equal variance assumed sebesar 0 042 lt 0 05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal itu membuktikan hipotesis yaitu adanya pengaruh yang signifikan terhadap keaktifan peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam mata pelajaran Sejarah materi Kedatangan agama Hindu-Budha ke Indonesia di SMAN 1 Ponggok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305621

Actions (login required)

View Item View Item