Hubungan persepsi profesi guru dan efikasi diri (self-efficacy) terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa S1 PTI Universitas Negeri Malang. - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan persepsi profesi guru dan efikasi diri (self-efficacy) terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa S1 PTI Universitas Negeri Malang.

Sadiyah, Ulfatus (2023) Hubungan persepsi profesi guru dan efikasi diri (self-efficacy) terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa S1 PTI Universitas Negeri Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mahasiswa PTI sebagai calon guru harus memiliki minat menjadi guru agar dapat meningkatkan kualitasnya untuk menjadi guru TIK yang profesional. Mahasiswa yang mempunyai minat menjadi guru memerlukan persepsi yang baik terhadap profesi guru. Selain itu, calon guru TIK juga harus mempunyai keyakinan dalam dirinya untuk mencapai suatu keberhasilan agar dapat mengajarkan ilmu yang telah didapatkan. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan persepsi profesi guru 〖(X〗_1), efikasi diri (self-efficacy) (X_2) dan minat menjadi guru (Y) pada mahasiswa S1 PTI Universitas Negeri Malang; (2) mengungkap signifikansi hubungan secara parsial antara 〖(X〗_1) terhadap Y dan 〖(X〗_2) terhadap Y; (3) mengungkap signifikansi hubungan secara simultan antara 〖(X〗_1) dan 〖(X〗_2) terhadap Y. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Metode penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 PTI angkatan 2019-2021 Universitas Negeri Malang yang berjumlah 141 mahasiswa. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Isaac dan Micheal. Teknik sampling menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuisioner yang sudah di uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis korelasional sederhana dan korelasi ganda, analisis uji prasyarat, dan analisis sumbangan efektif dan relatif dengan bantuan program SPSS. Hasil yang didapatkan dari penelitian adalah tingkat Y berkategori tinggi (46%), tingkat X_1 berkategori sangat tinggi (74%), dan tingkat X_2 berkategori tinggi (46%). Hubungan secara parsial antara X_1 dengan Y mempunyai nilai sig. (0,010 < 0,05) dan X_2 dengan Y mempunyai nilai sig. (0,000 < 0,05). Hubungan secara simultan antara X_1 dan X_2 dengan Y mempunyai nilai sig.F (0,001 < 0,05) dengan nilai R 0,320. Kontribusi X_1 dan X_2 terhadap Y untuk sumbangan efektif X_1 sebesar 2,13% dan X_2 sebesar 8,07%, sedangkan sumbangan relatif X_1 sebesar 20,8% dan X_2 sebesar 79,2%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian yaitu (1) tingkat X_1 dalam kategori sangat tinggi, sedangkan tingkat X_2 dan Y dalam kategori tinggi; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara parsial antara X_1 dengan Y dan X_2 dengan Y; dan (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara X_1, X_2 dengan Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 06 Jul 2023 06:49
Last Modified: 06 Jul 2023 06:49
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3056

Actions (login required)

View Item View Item