Pengaruh brand image (citra merek) terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Honda (studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Nurhidayat Jati Ilham - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh brand image (citra merek) terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Honda (studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Nurhidayat Jati Ilham

Ilham, Nurhidayat Jati (2009) Pengaruh brand image (citra merek) terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Honda (studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Nurhidayat Jati Ilham. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Persaingan di dunia bisnis yang semakin ketat membuat konsumen semakin mudah dalam memilih produk karena banyaknya variasi produk yang tersedia. Dalam memilih produk tentunya konsumen mempertimbangkan terlebih dahulu kualitas dan manfaat bagi produk serta menentukan merek apa yang akan mereka beli. Brand Image (citra merek) yang baik dari sebuah produk akan mudah dikenal oleh konsumen karena manfaat serta kesan kualitas yang telah mereka tangkap. Sehingga konsumen akan memilih untuk membeli produk yang citra mereknya baik. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui variabel-variabel Brand image (citra merek) yang mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini mempuyai dua variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas (X) terdiri dari sub variabel yaitu jenis-jenis asosiasi merek (X1) dukungan asosiasi merek (X2) kekuatan asosiasi merek (X3) dan keunikan asosiasi merek (X4) sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan kausalitas. Penelitian ini berusaha untuk menjelaskan pengaruh Brand Image (citra merek) secara partial maupun secara simultan terhadap keputusan mahasiswa dalam membeli sepeda motor merek Honda serta untuk mengetahui variabel Brand Image mana yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang membeli dan menggunakan sepeda motor merek Honda. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 73 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Accidental sampling. Pengambilan jumlah sampel tersebut karena keterbatasan peneliti dalam hal tenaga biaya dan waktu. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) ada pengaruh positif yang signifikan jenis-jenis asosiasi merek secara parsial terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Honda dengan nilai B 0 372 thitung 4 317 dan Sig t 0 000 (2) ada pengaruh positif yang signifikan dukungan asosiasi merek secara parsial terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Honda dengan nilai B 1 031 thitung 3 614 dan Sig t 0 001 (3) ada pengaruh positif yang signifikan kekuatan asosiasi merek secara parsial terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Honda dengan nilai B 0 417 thitung 2 442 dan Sig t 0 017 (4) ada pengaruh positif yang signifikan keunikan asosiasi merek secara parsial terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Honda dengan nilai B 0 731 thitung 3 606 dan Sig t 0 001 dan (5) terdapat pengaruh positif yang signifikan jenis-jenis asosiasi merek dukungan asosiasi merek kekuatan asosiasi merek dan kenuinikan asosiasi merek secara simultan terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Honda dengan nilai Fhitung 36 659 Ftabel 2 51 Sig. F 0 000 R 0 827 R square 0 683 dan Adjusted R Square 0 665. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa Brand Image (citra merek) dapat mempengaruhi keputusan pembelian baik secara partial maupun secara simultan. Jenis-jenis asosiasi merek dukungan asosiasi merek kekuatan asosiasi merek dan keunikan asosiasi merek mempengruhi keputusan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang sebesar 66 5% sedangkan sisanya 33 5% dipengaruhi faktor-faktor lain diluar penelitian. Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian ini adalah (1) bagi PT. Astra Honda Motor (a)Sepeda motor merek Honda telah memiliki brand image (citra merek) yang baik sebagai produk yang berkualitas. Oleh karena itu citra merek tersebut harus tetap dijaga dan dipertahankan dengan cara menciptakan produk yang mengutamakan standar mutu dan kualitas yang bagus ketika barang hendak dipasarkan. Karena membangun sebuah merek memerlukan waktu yang lama dan anggaran yang cukup tinggi pula. Dengan citra merek yang baik dapat menjaga loyalitas konsumen sehingga tetap menggunakan sepeda motor merek Honda. (b) Ketatnya persaingan di pasar ini maka produsen sepeda motor merek Honda harus tetap menjaga konsistensi merek dan mengikuti perubahan yang terjadi dengan tetap menjaga keunggulan dan kekuatan merek tersebut. Perusahaan harus secara inovatif memperbaiki dan meningkatkan mutu produk sesuai dengan perkembangan yang disesuaikan dengan permintaan pasar. Karena mempertahankan pelanggan sangatlah penting dan tentunya hal ini harus didukung oleh aktivitas pemasaran yang secara konsisten menjaga merek tersebut. (2) Bagi peneliti lain di masa mendatang (a) peneliti menyarankan dalam penelitian selanjutnya agar objek penelitian yang diambil lebih baik yaitu masarakat umum dari berbagai golongan baik usia jenis kelamin dan tempat penelitian yang lebih luas. (b) bagi peneliti lain selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah variabel penelitian seperti citra produk citra pembuat dan citra pemakai dan dihubungkan dengan loyalitas konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30555

Actions (login required)

View Item View Item