Pengaruh iklan majalah terhadap keputusan berlangganan televisi satelit merek Astro (studi pada pelanggan televisi satelit merek Astro di Kecamatan Lawang) / Benny Mahyudi Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh iklan majalah terhadap keputusan berlangganan televisi satelit merek Astro (studi pada pelanggan televisi satelit merek Astro di Kecamatan Lawang) / Benny Mahyudi Saputra

Saputra, Benny Mahyudi (2009) Pengaruh iklan majalah terhadap keputusan berlangganan televisi satelit merek Astro (studi pada pelanggan televisi satelit merek Astro di Kecamatan Lawang) / Benny Mahyudi Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saputra Beny M. 2008. Pengaruh Iklan Majalah Terhadap Keputusan Berlangganan Televisi Satelit Merek Astro (Studi Pada Pelanggan Televisi Satelit Astro di Kecamatan Lawang). Jurusan Manajemen. Program Studi S1 Manajemen Pemasaran. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) DR. Sudarmiatin M. Si. Pembimbing (II) Drs.Agus Hermawan M.Si. M.Bus. Kata kata kunci pengaruh iklan majalah. Setiap kegiatan usaha yang dilakukan oleh perusahaan memiliki tujuan yaitu untuk tetap hidup dan berkembang. Adapun tujuan tersebut dijabarkan dalam bentuk program jangka panjang dan jangka pendek. Sedangkan tujuan utama dari perusahaan adalah mencapai laba yang optimal. Salah satu cara untuk mendapatkan laba yang optimal. Untuk menciptakan pelayanan yang baik Astro sebagai salah satu badan usaha yang bergerak dibidang elektronik khususnya program televisi telah melakukan beberapa strategi periklanan dalam majalah. Dapat dikatakan bahwa Astro di Kecamatan Lawang telah berkembang dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan semakin luasnya daerah pemasaran Astro di wilayah Malang Raya dan kepercayaan masyarakat terhadap Astro sebagai penyajian program acara televisi baik dalam negeri maupun luar negeri. Kenyataan tersebut juga diduga karena beberapa periklanan yang dilakukan oleh Astro di Kecamatan Lawang selama ini telah berhasil menjadikan pengaruh pelanggan untuk berlangganan televisi satelit Astro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelanggan televisi satelit Astro terhadap terhadap iklan majajah secara parsial. Disamping itu juga untuk mencari unsur dalam iklan dalam majalah dalam berlangganan televisi satelit Astro di Kota Malang. Subvariabel dalam penelitian ini terdiri dari Isi Pesan Struktur Pesan Format Pesan dan Sumber Pesan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini diambil mulai bulan Oktober 2006 sampai dengan bulan November 2007 yang berjumlah 216 orang dan sampel yang berjumlah 140 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling atau sampel acak dimana dengan teknik ini peneliti dapat secara acak mengambil sampel yang tersebar 2 Kelurahan dan 10 Desa di Kecamatan Lawang sedangkan untuk menentukan jumlah distribusi tiap area digunakan teknik proportional sample. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa prosentase untuk Isi Pesan sebesar 22% Struktur Pesan sebesar 5% Format Pesan sebesar 6% dan yang menjawab Sumber Pesan sebesar 48%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Keputusan Berlangganan Televisi Satelit Merek Astro (Studi Pada Pelanggan Televisi Satelit Astro di Kecamatan Lawang) yang meliputi Isi Pesan Struktur Pesan Format Pesan dan Sumber Pesan adalah positif atau baik. Diketahui pula bahwa unsur Sumber Pesan yang paling dominan. Selain itu disarankan agar Pihak Televisi Satelit Merek Astro dalam menyampaikan pesan sebaiknya menambah media yang digunakan agar lebih dikenal oleh masyarakat umum menggunakan gambar yang lebih besar agar lebih menarik perhatian pada pelanggan. Perlu dilakukan penelitian oleh pengelola Astro atau peneliti lain mengenai faktor-faktor lain selain faktor isi pesan struktur pesan format pesan sumber pesan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30548

Actions (login required)

View Item View Item