Penerapan analisis swot sebagai salah satu cara dalam menetukan strategi pemasaran (Studi kasus pada PT. Bukit Dieng Permai, Malang) / Arif Rahman Hakim - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan analisis swot sebagai salah satu cara dalam menetukan strategi pemasaran (Studi kasus pada PT. Bukit Dieng Permai, Malang) / Arif Rahman Hakim

Hakim, Arif Rahman (2009) Penerapan analisis swot sebagai salah satu cara dalam menetukan strategi pemasaran (Studi kasus pada PT. Bukit Dieng Permai, Malang) / Arif Rahman Hakim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di era persaingan global yang semakin ketat saat ini menuntut setiap perusahaan untuk dapat mengikuti perubahan di bidang pemasaran sesuai dengan kondisi pasar. Dalam menjalankan kegiatan operasional suatu perusahaan maka hal yang paling mendasar untuk diperhatikan adalah analisis lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) dan juga analisis lingkungan eksternal (peluang dan ancaman). Apabila sudah menganalisis lingkungan ini maka pengambilan strategi akan lebih mudah untuk dilakukan. Dalam hal ini manajamen PT. Bukit Dieng Permai dapat menciptakan kebijakan-kebijakan yang dapat menunjang kelancaran usaha terutama dalam pengambilan keputusan strategisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Faktor-faktor Internal apa yang perlu diperhatikan dalam menyusun strategi pemasaran pada PT. Bukit Dieng Permai. (2) Faktor-faktor eksternal apa yang perlu diperhatikan dalam menyusun strategi pemasaran pada PT. Bukit Dieng Permai. (3) Bagaimana posisi PT. Bukit Dieng Permai berdasarkan analisis SWOT dan strategi yang digunakan. (4) Strategi pemasaran apa yang perlu diterapkan pada PT. Bukit Dieng Permai berdasarkan analisis SWOT. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. fokus dalam penelitian ini terdiri dari 3 (tiga) fokus yaitu faktor internal faktor eksternal dan strategi pemasaran. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan manajer pemasaran PT. Bukit Dieng Permai sedangkan untuk data sekunder diperoleh melalui artikel-artikel dan data dari PT. Bukit Dieng Permai. Pada pengumpulan data teknik yang digunakan adalah observasi serta melalui wawancara secara mendalam dengan manajer pemasaran PT. Bukit Dieng Permai serta mempelajari analisis pasar saat ini. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa berdasarkan analisis faktor eksternal menunjukkan angka 1 45 pada peluang dan 0 65 untuk ancaman. Skor faktor internal menunjukkan angka 1 80 pada kekuatan dan 0 60 pada kelemahan dengan demikian dapat diketahui bahwa PT. Bukit Dieng Permai berada pada kuadran I yaitu strategi Growth Oreiented. Pada kuadran satu ini perusahaan dihadapkan pada peluang yang tinggi kekuatan internal. Fokus strategi pada perusahaan ini adalah memanfaatkan kekuatan internal dalam perusahaan sehingga manajemen dapat meraih berbagai peluang yang ada. Sesuai hasil yang diperoleh dalam diagram analisis SWOT PT. Bukit Dieng Permai berada pada kuadran I yaitu Strategi Growth Oriented Strategy dimana dalam kudran I merupakan situasi yang mendukung perusahaan untuk memanfaatkan kekuatan internal perusahaan secara optimal untuk meraih peluang-peluang yang ada. Strategi Growth Oriented Strategy merupakan perusahaan memiliki peluang dan kekuatan yang sangat besar sehingga perusahaan dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijaksanaan pertumbuhan yang agresif. Dari hasil penelitian di atas dapat diambil kesimpulan (1) Terdapat berbagai faktor yang yang mempengaruhi kondisi internal PT. Bukit Dieng Permai. Faktor kekuatan tersebut yaitu PT. Bukit Dieng Permai telah terdaftar sebagai anggota REI lokasi produk yang strategis sistem promosi on-line memiliki permodalan yang cukup kuat memperhatikan pelayanan purna jual. Sedangkan faktor kelemahannya yaitu tidak menggunakan sistem pemasaran pre sales tidak ada divisi khusus perekrutan pegawai (MSDM) kurangnya analisis terhadap perusahaan pesaing tidak ada kejelasan arah perusahaan kurangnya promosi dalam bentuk papan reklame (billboard) dan poster. (2) Berbagai faktor yang mempengaruhi kondisi lingkungan eksternal. Faktor peluang tersebut yaitu antusias pengunjung pada waktu pameran people s trust lahan luas yang memiliki prospek untuk dijadikan milik perusahaan tingginya populasi penduduk serta hubungan baik dengan pihak bank. Sedangkan untuk faktor ancaman yaitu selera konsumen yang selalu berubah kenaikan suku bunga bank munculnya pesaing baru yang satu level menjamurnya pengembang-pengembang kecil kondisi politik yang sulit diprediksi. (3) Alternatif strategi yang tepat adalah strategi SO (strength opportunities) strategi ini dibuat berdasarkan jalan pikiran perusahaan yaitu dengan memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya. Beberapa saran yang dapat diberikan adalah (1) PT. Bukit Dieng Permai perlu melakukan proses analisa lingkungan internal maupun eksternal perusahaan mengingat perubahan pasar dan kondisi ekonomi serta politik yang terus terjadi secara cepat (2) PT. Bukit Dieng Permai harus lebih gencar lagi dalam pemanfaatan peluang di luar perusahaan serta kekuatan yang dimiliki perusahaan itu sendiri agar keuntungan baik itu jangka panjang atau jangka pendek bisa tercapai. (3) Dalam organisasi PT. Bukit Dieng Permai perlu didirikannya departemen yang khusus bertugas merekrut pegawai dan memotivasi pegawai. (4) Dengan terjalinnya hubungan baik dengan pihak perbankan perusahaan bisa mengadakan kerjasama mengenai masalah KPR yaitu dengan memberikan potongan suku bunga kepada konsumen dengan demikian diharapkan pasar akan terangsang untuk melakukan pembelian kepada PT. Bukit Dieng Permain di samping itu pihak bank juga diuntungkan karena semakin banyak konsumen yang memakai fasilitas KPR dari pihak bank yang bersangkutan semakin untung pula bank.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30547

Actions (login required)

View Item View Item