Pengaruh bauran promosi (Periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat) terhadap keputusan pembelian sepeda motor yamaha Nio melalui faktor psikologis (Motivasi, persepsi, dan sikap konsumen) (Studi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Neg - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bauran promosi (Periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat) terhadap keputusan pembelian sepeda motor yamaha Nio melalui faktor psikologis (Motivasi, persepsi, dan sikap konsumen) (Studi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Neg

Wulandari, Tri (2010) Pengaruh bauran promosi (Periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat) terhadap keputusan pembelian sepeda motor yamaha Nio melalui faktor psikologis (Motivasi, persepsi, dan sikap konsumen) (Studi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Neg. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Tri. 2008. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio Melalui Faktor Psikologis (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) . Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si. Pembimbing (II) Drs.Djoko Dwi Kusumajanto M. Si. Kata kunci bauran promosi keputusan pembelian dan faktor psikologis Promosi pada hakikatnya merupakan salah satu penentu keberhasilan program pemasaran strategi yang digunakan diharapkan mampu mempengaruhi konsumen dalam membeli suatu produk. Promosi disini dibagi menjadi beberapa hal yaitu tentang periklanan promosi penjualan penjualan personal dan hubungan masyarakat. Keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah faktor psikologis konsumen. Faktor psikologis konsumen dalam penelitian ini yaitu motivasi persepsi dan sikap konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen melalui faktor psikologis konsumen dalam membeli sepeda motor Yamaha Mio di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang baik secara langsung maupun tidak langsung. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model jalur. Populasi penelitian ini adalah pengguna sepeda motor Yamaha Mio di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dengan teknik purpossive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dari mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) ada pengaruh langsung yang signifikan antara bauran promosi terhadap faktor psikologis konsumen dalam membeli sepeda motor Yamaha Mio dengan 946 sebesar 0 47 dan taraf signifikan 0 000 (2) ada pengaruh langsung yang signifikan antara bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli sepeda motor Yamaha Mio dengan 946 0 247 dan taraf signifikan sebesar 0 024 (3) ada pengaruh langsung yang signifikan antara faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli sepeda motor Yamaha Mio dengan 946 0 531 dan taraf signifikan sebesar 0 000 (4) ada pengaruh secara tidak langsung yang signifikan antara bauran promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio dengan 946 sebesar 0 274 dan taraf signifikan 0 024 (5) ada pengaruh secara tidak langsung yang signifikan antara bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor Yamaha Mio ditengahi oleh faktor psikologis dengan 946 sebesar 0 249. Berdasarkan hasil dari penelitian ini maka saran yang dapat diberikan adalah Promosi merupakan salah satu penentu keberhasilan program pemasaran jadi diharapkan promosi yang dilakukan dengan jujur atau sesuai keadaan produk yang dipromosikan. Maka dari itu Yamaha dapat melakukan promosi dengan jujur atau sesuai dengan keadaan produk yang dipromosikan agar konsumen tidak merasa ditipu dengan promosi yang sudah dilakukan. Bauran promosi yang terdiri dari periklanan promosi penjualan penjualan personal dan hubungan masyarakat mempunyai pengaruh dalam keputusan pembelian oleh karena itu Yamaha harus lebih meningkatkan lagi periklanan promosi penjualan penjualan personal dan hubungan masyarakat agar konsumen tidak meninggalkan produknya. Selanjutnya berdasarkan hasil penelitian bahwa selain bauran promosi yang terdiri dari periklanan promosi penjualan penjualan personal dan hubungan masyarakat ada faktor lain yang menjadi pengaruh keputusan pembelian konsumen yaitu faktor psikologis konsumen. Jadi sebaiknya pihak Yamaha juga mempertimbangkan faktor psikologis konsumen akan produknya agar lebih diterima oleh konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30537

Actions (login required)

View Item View Item