Pengaruh faktor-faktor eksternal terhadap keputusan konsumen dalam pemilihan Bank Perkreditan Rakyat (Studi pada nasabah simpan pinjam Bank Perkriditan Rakyat Danaputra Sakti Pandaan) / Dina Merinda Effendi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor-faktor eksternal terhadap keputusan konsumen dalam pemilihan Bank Perkreditan Rakyat (Studi pada nasabah simpan pinjam Bank Perkriditan Rakyat Danaputra Sakti Pandaan) / Dina Merinda Effendi

Effendi, Dina Merinda (2009) Pengaruh faktor-faktor eksternal terhadap keputusan konsumen dalam pemilihan Bank Perkreditan Rakyat (Studi pada nasabah simpan pinjam Bank Perkriditan Rakyat Danaputra Sakti Pandaan) / Dina Merinda Effendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Effendi Dina Merinda. 2008. Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal Terhadap Keputusan Konsumen dalam Pemilihan Bank Perkreditan Rakyat (Studi pada Nasabah Simpan Pinjam Bank Perkreditan Rakyat Danaputra Sakti Pandaan) . Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Gatot Isnani M.Si (II) Drs. M. Arief M.Si. Kata kunci faktor-faktor eksternal keputusan pemilihan BPR. Perkembangan sektor perbankan di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan saat Indonesia mengalami krisis moneter pada tahun 1997. Salah satu sektor perbankan yang cukup banyak diminati konsumen adalah bank perkreditan rakyat. Dalam menarik perhatian konsumen BPR perlu memperhatikan perilaku konsumen yang dapat mempengaruhi keputusan pemilihan konsumen. Perilaku konsumen terdiri dari dua faktor yaitu faktor internal yang mempengaruhi konsumen dari dalam diri sendiri dan faktor eksternal yang mempengaruhi konsumen dari luar lingkungan. Banyak konsumen yang menjadi nasabah BPR dikarenakan pengaruh dari luar oleh karena itu penelitian ini meneliti mengenai pengaruh faktor-faktor eksternal terhadap keputusan konsumen dalam memilih BPR Danaputra Sakti Pandaan. Faktor-faktor eksternal perilaku konsumen dalam penelitian ini terdiri dari lima variabel yaitu kebudayaan kelas sosial kelompok referensi keluarga dan keadaan ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor eksternal baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan konsumen dalam memilih BPR Danaputra Sakti Pandaan. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu faktor-faktor eksternal (X) yang terdiri atas kebudayaan (X1) kelas sosial (X2) kelompok referensi (X3) keluarga (X4) dan keadaan ekonomi (X5) serta variabel terikatnya adalah keputusan pemilihan BPR (Y). Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah simpan pinjam BPR Danaputra Sakti Pandaan per 30 April 2007 yang berjumlah 508 nasabah. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 84 responden. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan Multy Stage Sampling. Tahapan pertama adalah purposive sampling dan tahap selanjutnya adalah accidental sampling untuk menyebarkan kuisioner pada responden. Kuesioner dalam penelitian ini termasuk dalam kuesioner tertutup menggunakan skala Likert dengan 5 alternatif jawaban. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif regresi linear berganda dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan kebudayaan (X1) terhadap keputusan konsumen dalam memilih BPR Danaputra Sakti Pandaan dengan nilai B 0 362 nilai thitung 3 021 dan signifikansi t 0 003 (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan kelas sosial (X2) terhadap keputusan konsumen dalam memilih BPR Danaputra Sakti Pandaan dengan nilai B 0 212 nilai thitung 2 540 dan signifikansi t 0 013 (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan kelompok referensi (X3) terhadap keputusan konsumen dalam memilih BPR Danaputra Sakti Pandaan dengan nilai B 0 298 nilai thitung 2 905 dan signifikansi t 0 005 (4) Terdapat pengaruh positif yang signifikan keluarga (X4) terhadap keputusan konsumen dalam memilih BPR Danaputra Sakti Pandaan dengan nilai B 0 301 nilai thitung 2 692 dan signifikansi t 0 009 (5) Terdapat pengaruh positif yang signifikan keadaan ekonomi (X5) terhadap keputusan konsumen dalam memilih BPR Danaputra Sakti Pandaan dengan nilai B 0 299 nilai thitung 2 452 dan signifikansi t 0 016 (6) Terdapat pengaruh positif yang signifikan kebudayaan (X1) kelas sosial (X2) kelompok referensi (X3) keluarga (X4) dan keadaan ekonomi (X5) secara simultan terhadap keputusan konsumen dalam memilih BPR Danaputra Sakti Pandaan berdasarkan nilai Fhitung sebesar 9 606 dengan tingkat signifikansi 0 000 (7) Sub variabel dari faktor-faktor eksternal yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam memilih BPR Danaputra Sakti Pandaan adalah kebudayaan dengan nilai sumbangan efektif sebesar 10 68%. Selain itu diketahui Adjusted R-Square 0 341 yang memiliki arti bahwa faktor-faktor eksternal (yang terdiri atas kebudayaan kelas sosial kelompok referensi keluarga dan keadaan ekonomi) secara bersama-sama mempengaruhi keputusan pemilihan BPR sebesar 34 1% sedangkan sisanya 65 9% dipengaruhi oleh variabel lain yaitu faktor-faktor internal perilaku konsumen (yang terdiri atas kebutuhan dan motivasi kepribadian pengolahan informasi dan persepsi proses belajar pengetahuan dan sikap). Saran penelitian ini adalah (1) Memperhatikan nilai-nilai budaya yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari misalnya keramahtamahan karyawan lebih ditingkatkan dan selalu menjaga kepercayaan nasabah pada BPR Danaputra Sakti Pandaan (2) Menurunkan denda harian menetapkan biaya administrasi yang tidak terlalu besar pengeluaran dana pinjaman dipercepat dan pembayaran jatuh tempo pinjaman untuk nasabah diberi tenggang waktu (3) Memberikan potongan pinjaman atau hadiah langsung untuk nasabah simpan pinjam yang membawa nasabah baru (4) Menawarkan kepada nasabah undian tahunan dengan hadiah yang sangat menarik dan memberikan hadiah langsung bagi nasabah yang membayar pinjaman tepat waktu serta (5) menetapkan nilai jaminan pinjaman yang sesuai dengan harga pasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30536

Actions (login required)

View Item View Item