Faktor-faktor yang menentukan perilaku pembelian mi instan merek Sedaap di desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang / Diarci Hagayuna - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang menentukan perilaku pembelian mi instan merek Sedaap di desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang / Diarci Hagayuna

Hagayuna, Diarci (2009) Faktor-faktor yang menentukan perilaku pembelian mi instan merek Sedaap di desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang / Diarci Hagayuna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hagayuna Diarci. 2008. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mi Instan Merek Sedaap (Studi Kasus Pada Konsumen desa Sekarpuro kecamatan Pakis kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sudarmiatin M.Si (2) Madzitul Churiyah S.Pd. MM Kata Kunci Analisis Faktor Keputusan Pembelian Salah satu unsure terpenting bagi produsen untuk bertahan di tengah kondisi persaingan ini adalah dengan mempertahankan loyalitas pelanggan dan meraih pelanggan baru yang potensial. Terlebih lagi saat ini banyak sekali produk-produk dengan spesifikasi sejenis beredar di pasaran sehingga membuat konsumen dengan mudah berpindah merek. Hal ini tentu membuat produsen harus berpikir ulang mengenai realitas produk mereka baik di mata pasar maupun konsumen. Tentunya untuk meraih loyalitas dan pelanggan baru yang potensial diperlukan pemahaman mendalam mengenai karakteristik konsumen di dalam membeli sebuah produk atau jasa seperti kapan sebuah produk dibeli frekuensi pembelian jumlah pembelian dsb. Pemahaman mengenai karakteristik konsumen tersebut dapat dilakukan oleh produsen dengan meneliti factor-faktor yang bias mempengaruhi konsumen di dalam membeli sebuah produk berupa barang atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memaparkan pengaruh faktor budaya kelas sosial kelompok acuan motivasi persepsi dan pengetahuan konsumen secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian serta untuk mengetahui faktor yang paling dominan dlaam mempengaruhi keputusan pembelian mi instant merek Sedaap di Desa Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupatan Malang. Populasi di dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga yang pernah atau sedang menggunakan mi instant merek Sedaap di wilayah Desa Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupatan Malang dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Penentuan jumlah sampel di dalam penelitian ini menggunakan rumus infinite population dari Daniel dan Terrel dikarenakan peneliti belum mengetahui jumlah pasti pengguna mi instant merek Sedaap pada wilayah yang ditelitinya. Sedangkan teknik yang digunakan untuk pengambilan data primer dilakukan dengan cara Accidental Sampling yaitu memberikan angket atau kuesioner kepada sampel yang menggunakan mi instant merek Sedaap yang kebetulan dijumpai dimana kuesioner sebelumnya telah diuji melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk menguji faktor-faktor yang diteliti menggunakan software SPSS 13 for windows. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa diantara faktor budaya kelas sosial kelompok acuan motivasi persepsi dan pengetahuan konsumen yang paling dominant di dalam mempengaruhi keputusan pembelian mi instant merek Sedaap adalah faktor budaya karena memiliki nilai Eigen Value tertinggi sebesar 5.337 dibanding faktor lainnya. Mengingat potensi pertumbuhan mi instant di Indonesia yang berkembang pesat maka saran penulis adalah (1) perusahaan di dalam meluncurkan produk mi instannya harus melakukan penelitian secara mendalam mengenai budaya karena dengan memperhatikan faktor budaya produsen dapat memperoleh konsumen dengan efektif. (2) meningkatkan peran iklan secara efektif karena akan meningkatkan brand image produk di mata konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30534

Actions (login required)

View Item View Item