Pengaruh motif pembelian dan faktor lingkungan terhadap keputusan perpindahan merek (Brand Switching) shampo sunsilk (Studi pada siswi kelas XI SMK Negeri 3 Malang) / Evi Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motif pembelian dan faktor lingkungan terhadap keputusan perpindahan merek (Brand Switching) shampo sunsilk (Studi pada siswi kelas XI SMK Negeri 3 Malang) / Evi Susanti

Susanti, Evi (2009) Pengaruh motif pembelian dan faktor lingkungan terhadap keputusan perpindahan merek (Brand Switching) shampo sunsilk (Studi pada siswi kelas XI SMK Negeri 3 Malang) / Evi Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seseorang yang dikatakan sebagai remaja adalah mereka yang memiliki rentang usia antara 15 tahun hingga 20 tahun. Pada fase ini setiap remaja akan mulai memperhatikan penampilannya. Setiap orang khususnya seorang remaja pada awalnya akan mencoba beberapa merek produk sebelum akhirnya mmenemukan salah satu merek yang benar-benar sesuai dan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Meskipun seorang konsumen sudah merasa puas dan cocok dengan salah satu merek suatu produk namun bukan berarti mereka tidak akan mencoba merek lain. Ini terjadi karena beberapa hal baik karena keinginan mereka sendiri maupun karena pengaruh dari lingkungan sekitar mereka. Seorang remaja akan memiliki ketertarikan dan keingintahuan yang cukup besar terhadap sesuatu hal yang baru dan belum pernah dicobanya. Termasuk dalam hal ini adalah produk perawatan rambut yaitu shampo yang digunakan. Hal ini khususnya terjadi pada remaja putri dimana mereka benarbenar memperhatikan berbagai pilihan merek produk yang dapat menunjang penampilan mereka agar terkesan lebih menarik. Sebaliknya remaja putra cenderung lebih menyukai hal yang simple. Kecenderungan remaja putri ini dapat dimanfaatkan oleh pemasar untuk membidik remaja sebagai pasar sasarannya dengan menciptakan produk-produk yang dekat hubungannya dengan mereka. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Malang merupakan salah satu SMK negeri yang ada di Kota Malang yang memiliki spesifikasi kejuruan dibidang pariwisata dengan sebagian besar muridnya adalah perempuan. Siswi SMK memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga menarik untuk diteliti lebih dalam. Sedangkan di era globalisasi yang terjadi saat ini dimana banyak produkproduk yang dapat memasuki pasar dalam negeri dengan sangat mudah membuat konsumen mempunyai banyak pilihan merek produk untuk memenuhi semua kebutuhan dan keinginan mereka. Di sisi lain perkembangan dunia usaha yang terjadi saat ini begitu pesat sehingga membawa dampak semakin ketatnya tingkat persaingan. Keadaan ini ditandai dengan banyaknya perusahaan yang bermunculan terutama perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha yang sejenis. Begitu juga yang terjadi dengan industri shampo dimana pasar shampo di Indonesia diramaikan oleh banyaknya produsen baik pendatang baru maupun pemain lama. Keadaan seperti ini membuat para produsen shampo di Indonesia berlomba-lomba untuk dapat menarik minat beli konsumen. Bila menilik peringkat lima besar di kategori industri shampo yang muncul memang dua nama besar di bisnis toiletries yakni Unilever dan Procter Gamble (P G). Unilever mempunyai merek-merek seperti Sunsilk Clear dan Lifebuoy. Adapun P G mengandalkan Pantene Rejoice dan satu produk lagi yang sebenarnya lumayan berbunyi yaitu Head Shouders. Diperkirakan lebih dari 90% pasar shampo di tanah air dikuasai dua dedengkot toiletries ini Sukses Sunsilk menjadi pemimpin pasar merupakan buah perjalanan panjang Unilever merintis pasar shampo sejak tahun 1952. Kunci keberhasilan Sunsilk adalah kedekatannya dengan konsumen Indonesia khususnya dari sisi personalitas wanita Indonesia. Positioning seperti ini memang cukup terlihat dari serial iklannya yang merefleksikan kedekatan sunsilk dengan konsumennya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30530

Actions (login required)

View Item View Item