Kajian sifat fisik dan sifat mekanik bata ringan geopolimer / Fasya Khoirianti Rafrita</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian sifat fisik dan sifat mekanik bata ringan geopolimer / Fasya Khoirianti Rafrita</p>

Rafrita, Fasya Khoirianti (2022) Kajian sifat fisik dan sifat mekanik bata ringan geopolimer / Fasya Khoirianti Rafrita</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Beton dan bata ringan geopolimer jenis CLC dengan bahan dasar fly ash telah dilakukan penelitian sebelumnya dengan berbagai macam hasil pengujian ada yang searah namun juga ada yang bertolak belakang. Perbedaan tersebut seharusnya dapat dikontrol dengan melakukan perhitungan Si/Al sebagai mineral utama terhadap reaksi polimerisasi. Rasio Si/Al fly ash yang dapat digunakan berkisar antara 1 ndash 2 5 dengan rasio terbaik antara 1 3 ndash 1 8 (Ekaputri 2020). Maka dari itu pada penelitian ini digunakan variasi kadar alkali aktivator yang berpengaruh terhadap perbedaan rasio Si/Al untuk mengetahui sifat fisik dan sifat mekanik bata ringan geopolimer. Penelitian dilakukan dengan membuat bata ringan geopolimer di laboratorium teknik sipil dengan variasi kadar aktivator 35 40 dan 45% kemudian dilakukan perhitungan Si/Al. Setelah itu dilakukan pengujian sifat fisik dengan melakukan pengujian bobot isi dan penyerapan air porositas dan kapilaritas sedangkan sifat mekanik didapatkan dengan melakukan pengujian kuat tekan kuat tarik belah modulus runtuh dan modulus elastisitas. Dari hasil penelitian diketahui bahwa (1) Semakin tinggi kandungan kadar aktivator menyebabkan rasio Si/Al semakin besar yaitu untuk kadar aktivator 35 40 dan 45% dengan rasio 2 42 2 45 dan 2 48 (2) Kadar aktivator berpengaruh secara signifikan terhadap sifat fisik dan sifat mekanik bata ringan geopolimer (3) Pada rasio Si/Al yang lebih tinggi menyebabkan berat isi kering oven semakin ringan namun untuk penyerapan air porositas dan kapilaritas yang terjadi akan semakin besar dan (4) Pada rasio Si/Al yang lebih rendah menyebabkan kuat tekan kuat tarik belah modulus runtuh dan modulus elastisitas yang didapatkan lebih tinggi dan lebih baik. Bata ringan geopolimer dengan kadar aktivator 35% termasuk dalam semua kategori bata ringan sedangkan untuk variasi 40 dan 45% termasuk dalam kategori bata ringan struktural dan non struktural yang tidak terekspos lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S2 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305255

Actions (login required)

View Item View Item