Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi pada konsumen produk fashion di Matahari Departemen Store Malang Town Square) / Ika Rahayu Justitianingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi pada konsumen produk fashion di Matahari Departemen Store Malang Town Square) / Ika Rahayu Justitianingsih

Justitianingsih, Ika Rahayu (2009) Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi pada konsumen produk fashion di Matahari Departemen Store Malang Town Square) / Ika Rahayu Justitianingsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di era globalisasi dan pasar bebas berbagai jenis barang dan jasa dengan ratusan merek membanjiri pasar Indonesia. Dalam persaingan yang semakin tajam ini mendorong perusahaan untuk bertindak praktis dan ekonomis dalam menguasai pangsa pasar seluas-luasnya. Karena pada dasarnya tujuan akhir dari penyampaian produk adalah kepada konsumen sedangkan konsumen merupakan pihak yang cenderung memberikan penilaian terhadap mutu atau jasa penjualan. Konsumen saat ini semakin peka dan lebih rasional serta bertindak selektif terhadap pembelian barang yang dibutuhkan mereka menilai dengan membandingkan apa yang mereka terima dengan apa yang mereka harapkan. Hanya konsumen yang puas akan melakukan pembelian ulang dan sebaliknya mutu produk dan pelayanan yang jelek yang diterima konsumen akan membuatnya berpaling. Konsumen tentu akan memilih produk yang lebih bermutu dengan harga yang lebih rendah. Seperti barang kebutuhan lainnya produk fashion dewasa ini terdiri dari bermacam-macam karakteristik fisik dimana diterima berbeda-beda oleh setiap konsumen. Ketika akan memutuskan produk mana yang akan dibeli konsumen akan membandingkan dan membedakan alternative produk yang terdiri dari kombinasi atribut-atribut lain. Pilihan mereka terhadap barang dapat tergantung pada dua atau lebih pengaruh atribut seperti harga kualitas style (model) merek dan lain-lain. Dan fitur tersebut sangat berkaitan erat dalam membentuk kepercayaan sikap dan perilaku dalam mengkonsumsi produk fashion. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara 1) Kualitas terhadap Keputusan Pembelian 2) Merek terhadap Keputusan Pembelian 3) Harga terhadap Keputusan Pembelian 4) Style terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi yang dipilih adalah konsumen Matahari Department Store Malang Town Square dalam penelitian ini populasinya 92. Hal ini di dasarkan pada data rata-rata pengunjung tiap hari kerja dengan sampel seluruh populasi yang ada yaitu 92 orang. Dan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda (multiple regression). Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas (independent variable) dan variabel terikat (dependent variable). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah atribut produk sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian. Hasil dari analisis data didapat (1) tidak ada pengaruh yang signifikan antara kualitas terhadap keputusan pembelian konsumen Matahari Department Store Malang Town Square (2) tidak ada pengaruh yang signifikan antara merek terhadap keputusan pembelian konsumen Matahari Department Store Malang Town Square (3) tidak ada pengaruh yang signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian konsumen Matahari Department Store Malang Town Square (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara style terhadap keputusan pembelian konsumen Matahari Department Store Malang Town Square (5) terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Merek Harga Style secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen Matahari Department Store Malang Town Square secara simultan didapatkan nilai Fhitung 4 630 Ftabel 2 44 atau Signifikansi t 0 002 0 05. Dengan demikian variabel kualitas merek harga dan style berpengaruh positif yang signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen. Selain itu diketahui R Square 0 176 atau sebesar 17 6% yang artinya pengaruh variabel bebas adalah sedang dan dipengaruhi oleh variabel lain. Saran yang dapat direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian yang didapatkan adalah (1) Disarankan agar Matahari Department Store Malang Town Square untuk dapat terus memperhatikan faktor-faktor beserta atribut-atribut yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen agar dapat dipakai sebagai dasar untuk mengembangkan strategi pemasaran yang akan diterapkan di masa yang akan datang (2) Keberagaman style produk harus selalu diperhatikan dengan tetap memperhatikan segmen pasar karena sangat mendukung adanya keputusan pembelian konsumen (3) Pihak Matahari Department Store Malang Town Square selain mempertahankan atribut dari sisi style tidak lupa juga memperhatikan variabel lainnya yang dalam perhitungan analisis regresi tidak signifikan diantaranya kualitas merek dan harga. Keadaan seperti ini sebaiknya segera ditelusuri titik kelemahannya dan berusaha memperbaiki untuk peningkatan kualitas merek dan harga di Matahari Department Store Malang Town Square.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30523

Actions (login required)

View Item View Item