Pengaruh citra toko terhadap loyalitas konsumen pada oke shop cabang Batu / Oby Treeska Maulana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh citra toko terhadap loyalitas konsumen pada oke shop cabang Batu / Oby Treeska Maulana

Maulana, Oby Treeska (2009) Pengaruh citra toko terhadap loyalitas konsumen pada oke shop cabang Batu / Oby Treeska Maulana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Konsumen merupakan pihak yang cenderung memberikan penilaian terhadap mutu produk atau jasa penjualan. Mereka menilai dengan membandingkan apa yang mereka peroleh dengan apa yang mereka harapkan. Dalam berbisnis ritel suatu perusahaan harus mampu menciptakan sebuah karakteristik toko yang berbeda dibenak konsumen. Karakteristik toko yang berbeda inilah yang disebut citra toko. Dengan citra toko yang baik mampu membentuk keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Citra toko yang baik secara emosional juga akan membentuk kepuasan individu yang menghasilkan kesan kualitas terhadap suatu perusahaan yang akhirnya akan dapat menciptakan pembelian berulang dari seorang konsumen. Perilaku pembelian berulang ini yang disebut dengan loyalitas konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana keadaan citra toko dan loyalitas konsumen serta bagaimana pengaruh variabel citra toko terhadap loyalitas konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen Oke Shop Cabang Batu yang telah melakukan pembelian minimal 2 (dua) kali dalam 1 semester periode Januari 2008 Juli 2008. Dalam penelitian ini menggunakan 100 sampel yang penentuan jumlah minimalnya ditentukan berdasarkan kriteria Slovin. Sampel tersebut diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini terdiri atas dua variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah citra toko yang mempunyai sub variabel 1) pelayanan 2) produk 3) Suasana dan 4) promosi toko sedangkan variabel terikatnya adalah loyalitas konsumen. Analisis data menggunakan regresi berganda (multiple regression) dengan program SPSS for Windows seri 13.0. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Pelayanan mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas konsumen dengan nilai B 0 541 nilai thitung 6 931 dan nilai signifikansi 0 000. (2) Produk mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas konsumen dengan nilai 0 187 nilai thitung 2 179 dan nilai signifikansi 0 032. (3) Suasana mempunyai pengaruh pengaruh positif terhadap loyalitas konsumen dengan nilai B 0 183 nilai thitung 2 639 dan nilai signifikansi 0 010. (4) Promosi toko mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas konsumen dengan nilai B 0 207 nilai thitung 2 120 dan nilai signifikansi 0 037. (5) Secara simultan variabel citra toko yang terdiri dari pelayanan produk suasana dan promosi toko memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas konsumen Oke Shop Cabang Batu dengan nilai Fhitung sebesar 14 258 dengan tingkat signifikansi 0 000 dan nilai adjusted R2 sebesar 0 349 yang dapat diartikan bahwa dapat diartikan bahwa variabel citra toko dalam mempengaruhi loyalitas konsumen Oke Shop Cabang Batu adalah sebesar 34 9%. Sedangkan sebesar 65 1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa 1) Keadaan citra toko yang terdiri dari pelayanan produk suasana dan promosi toko serta loyalitas konsumen pada Oke Shop cabang Batu sebagian besar direspon baik 2) Pelayanan memiliki pengaruh yang paling dominan dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dibanding variabel produk suasana dan promosi toko 3) Citra toko yang terdiri dari pelayanan produk suasana dan promosi toko secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen Oke Shop cabang Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30522

Actions (login required)

View Item View Item