Pengaruh persepsi investor atas kredibilitas influencer saham terhadap perilaku herding dengan literasi keuangan sebagai variabel moderating / Syaiful Anshori - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi investor atas kredibilitas influencer saham terhadap perilaku herding dengan literasi keuangan sebagai variabel moderating / Syaiful Anshori

Anshori, Syaiful Anshori (2023) Pengaruh persepsi investor atas kredibilitas influencer saham terhadap perilaku herding dengan literasi keuangan sebagai variabel moderating / Syaiful Anshori. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Influencer merupakan seseorang yang aktif secara online dengan jumlah pengikut yang besar di media sosial. Influencer dapat membangun dan memelihara hubungan dengan banyak pengikutnya di media sosial melalui personal brandingnya serta memiliki kemampuan untuk menginformasikan menghibur dan berpotensi mempengaruhi pikiran sikap dan prilaku pengikutnya. Fenomena influencer saham dapat menimbulkan perilaku herding di pasar saham. Harga saham berubah secara signifikan setelah influencer saham tersebut membagikan informasi atau merekomendasikan saham tertentu. Kurangnya peingeitahuan atau peimahaman teirhadap infoirmasi yang ada akan meimicu teirjadinya peirilaku heirding. Pentingnya literasi keuangan agar terhindar dari informasi yang tidak relevan dan mampu menggunakan analisisnya sendiri. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh persepsi investor atas kredibilitas influencer saham terhadap perilaku herding dengan literasi keuangan sebagai variabel moderating. Penelitian ini dilakukan di Galeri Investasi Kota Malang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Ditentukan dengan rumus Lemeshow. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas influencer saham berpengaruh positif terhadap perilaku herding. Literasi keuangan mampu memperlemah pengaruh kredibilitas influencer saham terhadap perilaku herding.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S2 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305217

Actions (login required)

View Item View Item