Orientasi kewirausahaan, media sosial, dan kemitraan terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing pada usaha kecil menengah kabupaten malang / ANGGREANI KHARIMATUZ ZAHRO - Repositori Universitas Negeri Malang

Orientasi kewirausahaan, media sosial, dan kemitraan terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing pada usaha kecil menengah kabupaten malang / ANGGREANI KHARIMATUZ ZAHRO

Zahro, Anggreani Kharimatuz Zahro (2023) Orientasi kewirausahaan, media sosial, dan kemitraan terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing pada usaha kecil menengah kabupaten malang / ANGGREANI KHARIMATUZ ZAHRO. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zahro Anggreani K. 2023. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Media Sosial dan Kemitraan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing Pada Usaha Kecil Menengah Kabupaten Malang. Thesis Jurusan S2 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang. Pembimbing Heri Pratikto. Anggota Pembimbing Agung Winarno. Kata Kunci orientasi kewirausahaan media sosial kemitraan kinerja pemasaran keunggulan bersaiang. Kinerja pemasaran merupakan indikator penentu proses kinerja perusahaan secara umum untuk mencapai tujuan pengembangan usaha yang dicapai dalam fase waktu tertentu. Adapun faktor yang mempengaruhi kinerja pemasaran diantaranya orientasi kewirausahaan media sosial dan kemitraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan media sosial dan kemitraan terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui peran keunggulan bersaing sebagai mediator dalam hubungan antara orientasi kewirausahaan media sosial dan kemitraan dengan kinerja perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory research yang dilakukan pada pelaku usaha kecil menengah Kabupaten Malang. Populasi penelitian ini adalah pelaku usaha kecil menengah Kabupaten Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sample Size Calculator dengan proposi populasi 80% tingkat kepercayaan 95% dan margin of error 5% dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 246 responden. Data penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuisoner secara online maupun offline. Analisis data yang digunakan yaitu SEM-PLS yang dibantu dengan software SmartPLS 3.2. Temuan penelitian ini menerangkan bahwa (1) deskripsi variabel orientasi kewirausahaan media sosial kemitraan keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran pada UKM Kabupaten Malang tergolong baik. (2) orientasi kewirausahaan dan media sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. (3) kemitraan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. (4) keunggulan bersaing memediasi hubungan antara orientasi kewirausahaan media sosial dan kemitraan terhadap kinerja perusahaan. Berdasarkan temuan dari analisis penelitian yang telah dilakukan maka penelitian ini memberikan beberapa saran diantaranya sebagai berikut setiap wirausaha agar selalu meningkatkan orientasi kewirausahaan memanfaatkan media sosial secara efektif membangun kemitraan yang selalu menguntungkan mengidentifikasi dan membangun keunggulan bersaing dan untuk selalu memantau kinerja pemasaran usaha. Untuk pemerintah diharapkan untuk membantu meningkatkan kesadaran dan Pendidikan kewirausahaan melalui pelatihan mengembangkan infrastruktur digital dan akses internet memfasilitasi para pelaku usaha untuk bermitra dan memberikan dukungan serta akses untuk pengembangan usaha.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305209

Actions (login required)

View Item View Item