Pengembangan gim edukasi petualangan terintegrasi model problem based learning pada pembelajaran fisika materi gerak lurus untuk mengetahui tingkat motivasi peserta didik XI SMA - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan gim edukasi petualangan terintegrasi model problem based learning pada pembelajaran fisika materi gerak lurus untuk mengetahui tingkat motivasi peserta didik XI SMA

Kholiqin, Sabrina Nabila (2023) Pengembangan gim edukasi petualangan terintegrasi model problem based learning pada pembelajaran fisika materi gerak lurus untuk mengetahui tingkat motivasi peserta didik XI SMA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kendati pendidikan yang menjadi indikator penting dalam eksistensi negara, kondisi pendidikan di Indonesia tidak terlihat baik berdasarkan hasil survei pemeringkatan PISA 2018 yang menilai literasi sains dimana Indonesia menempati urutan 6 dari bawah. Fisika merupakan ilmu sains fundamental namun tidak disukai oleh peserta didik, sehingga penerapan media pembelajaran interaktif seperti gim sangat diperlukan dalam meningkatkan motivasi belajar. Salah satu materi fisika yakni gerak lurus merupakan salah satu materi yang sukar dipahami sehingga memerlukan perhatian lebih. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SMAN 1 Kraksaan, diperoleh data: (1) kondisi peserta didik telah kondusif namun proses pembelajaran masih berjalan pasif atau satu arah; (2) penggunaan media pembelajaran kurang mendukung minat peserta didik; (3) peserta didik mengeluhkan lupa dengan materi yang bersifat teori atau dapat diartikan kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah dipelajari contohnya pada materi Gerak Lurus. Proses pembelajaran yang baik tidak terlepas dari penggunaan media dan metode yang menarik bagi peserta didik, sehingga dapat memberikan motivasi dari dalam diri peserta didik untuk mempelajari pengetahuan lebih dalam. Melakukan digitalisasi pada media pembelajaran melalui platform mobile dapat dijadikan alternatif media yang dapat menarik peserta didik mengingat tingginya penggunaan smartphone di Indonesia. Metodologi pembelajaran tradisional sudah tidak membuat peserta didik tertarik; sebaliknya, video gim edukasi dapat memberikan dorongan untuk belajar dengan cara baru sembari menikmati tugas yang membosankan. Berdasarkan masalah diatas maka dilakukan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D dengan hasil produk adventure game materi Gerak Lurus yang terintegrasi model problem based learning. 4D merupakan model pengembangan perangkat pembelajaran yang terdiri dari 4 tahapan; define, design, develop, dan disseminate. Setelah dilalakukan pendefinisian produk yang diperlukan dan konsep dari produk media pembelajaran, maka dilakukan pengembangan media pembelajaran. Selanjutnya media pembelajaran akan diujicobakan oleh ahli materi, ahli media, dan siswa yang telah menempuh materi gerak lurus. Teknik analisis dat menggunakan analisa kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data kuantitatif menggunakan metode wawancara dan komentar ahli pada uji kelayakan produk. Uji kelayakan terhadap produk yang telah dilakukan menghasilkan data; (1) validasi oleh ahli materi pertama menghasilkan persentase 89% sedangkan ahli materi kedua 87.75% yang menunjukkan media masuk kategori sangat valid, (2) validasi oleh ahli media didapatkan hasil sangat valid dengan persentase 93.71%, dan (3) uji respon pada 30 siswa SMA kelas 11 menghasilkan persentase 87.23% yang menunjukkan produk sangat valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kelayakan secara keseluruhan dari produk media adalah sangat valid atau layak namun untuk memaksimalkan hasil akhir tetap dilakukan revisi produk berdasarkan komentar dan saran dari ahli materi dan media. Pada 30 siswa dilakukan uji tingkat motivasi sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran gim edukasi. Persentase rata-rata motivasi sebelum penggunaan media adalah 75.33% sementara persentase sesudah penggunaan gim edukasi adalah 89.12% dengan peningkatan persentase tingkat motivasi sebesar 13.79% yang dikategorikan motivasi siswa sangat tinggi. Media pembelajaran adventure game gerak lurus yang telah dikembangkan serta diuji kelayakannya oleh ahli materi, ahli media, dan siswa mendapatkan hasil nilai positif sehingga dianggap layak dan dapat dipergunakan sebagai media pembelajaran suplemen pada materi gerak lurus mata pelajaran fisika di SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:59
Last Modified: 06 Jul 2023 03:59
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3052

Actions (login required)

View Item View Item