Pengaruh dimensi kualitas jasa terhadap loyalitas peserta didik di Lembaga Bimbingan Belajar Kiraku Turen / Septi Erlianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh dimensi kualitas jasa terhadap loyalitas peserta didik di Lembaga Bimbingan Belajar Kiraku Turen / Septi Erlianti

Erlianti, Septi (2009) Pengaruh dimensi kualitas jasa terhadap loyalitas peserta didik di Lembaga Bimbingan Belajar Kiraku Turen / Septi Erlianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tumbuhnya berbagai bimbingan belajar menjadi satu fenomena menarik dan menjadi catatan tersendiri bagi dunia pendidikan di Indonesia. Ketidakpuasan terhadap kondisi pembelajaran di sekolah diyakini sebagai salah satu penyebab tumbuh suburnya berbagai bimbingan belajar tersebut. Sekolah yang memiliki otoritas sebagai tempat untuk menyelenggarakan pendidikan sering dipertanyakan perannya. Hal ini adalah salah satu masalah yang ada dalam dunia pendidikan di Indonesia. Sebagai alternatif belajar di luar sekolah banyak siswa yang menggantungkan harapannya pada bimbingan belajar untuk mendapatkan materi yang tidak diajarkan di sekolah atau mengulang kembali materi yang telah diajarkan di sekolah. Dengan adanya standar nilai kelulusan melalui ujuan nasional (UN) semakin menambah daya tarik siswa terhadap bimbingan belajar. Maka banyak bermunculan bimbingan belajar untuk merespon tantangan ini. Namun kenyataannya kondisi ini tidak diiringi dengan kesungguhan penyelenggara bimbingan belajar dalam memberikan kualitas jasa atau pelayanan yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap loyalitas peserta didik yang mengikuti bimbingan belajar. Pada dasarnya loyalitas pelanggan sangat tergantung pada kulitas jasa atau pelayanan (service quality) yang diberikan oleh lembaga yang memasarkan produk atau jasa yang mereka tawarkan termasuk lembaga bimbingan belajar. Peningkatan kualitas jasa akan mendorong setiap lembaga untuk memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada para pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas jasa terhadap loyalitas peserta didik di Lembaga Bimbingan Belajar KIRAKU Turen. Variabel yang diangkat dalam penelitian ini meliputi dimensi kualitas jasa sebagai variabel bebas dan loyalitas peserta didik sebagai variabel terikat. Dimensi kualitas jasa sebagai variabel bebas memiliki sub variabel yang terdiri atas bukti fisik (tangible) keandalan (reliability) daya tanggap (responsible) jaminan (assurance) dan empati (empathy). Penelitian ini dilakukan di Lembaga Bimbingan Belajar KIRAKU Turen dengan responden para peserta didik di Lembaga Bimbingan Belajar KIRAKU Turen sebagai populasinya. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini merupakan penelitian populasi sehingga data penelitian ini diperoleh dengan menyebarkan kuisioner kepada seluruh responden yang berjumlah 69 orang yaitu seluruh peserta didik tingkat SMP dan SMA yang mengikuti Lembaga Bimbingan KIRAKU Turen.. Metode analisis data yang digunakan untuk mengiji hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda uji t dan uji F. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS for Windows Versi13 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa analisis deskriptif memperlihatkan bahwa distribusi frekuensi responden yang dominan adalah perempuan tingkat kelas responden yang dominan adalah SMA. Pada hasil analisis regresi linear berganda uji t menunjukkan bahwa bukti fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas peserta didik dengan koefisien regresi 0 132 dan signifikansi 0 010. Variabel keandalan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas peserta didik ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi 0 239 dan signifikansi 0 000. Variabel daya tanggap berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas peserta didik ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi 0 239 dan signifikansi 0 007. Variabel jaminan berpengaruh positif dan signifikan ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi 0 320 dan signifikansi 0 001. Sedangkan variabel empati berpengaruh negatif dan signifikan ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi - 0 142 dan nilai signifikansi 0 033. Uji F menunjukkan bahwa secara bersamasama variabel dimensi kualitas jasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas peserta didik ditunjukkan dengan nilai F sebesar 23 593 dan signifikansi 0 000. Variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhdap loyalitas peserta didik adalah variabel keandalan ditunjukkan dengan nilai t hitung yang paling besar dibandingkan variabel lain yaitu sebesar 4 012. Diketahui pula hasil regresi model Summary bahwa nilai Adjusted R Square 0 624 yang artinya proporsi perubahan total variabel loyalitas peserta didik ditentukan oleh keseluruhan variabel bebas dimensi kualitas jasa yang terdiri atas bukti fisik keandalan daya tanggap jaminan dan empati sebesar 62 4%. Sedangkan sisanya sebesar 37 6% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka penulis memberikan saran yang dapat dijadikan pertimbangan yaitu hendaknya Lembaga Bimbingan Belajar KIRAKU Turen memberikan kualitas jasa yang terbaik bagi para peserta didiknya dan lebih memaksimalkan kualitas empati yang diberikan pada peserta didiknya terutama perhatian individu tentor kepada peserta didik . Selain itu berdasarkan masukan jawaban dari reponden pada kuesioner Lembaga Bimbingan Belajar KIRAKU Turen diharapkan menambah fasilitas fisik berupa ruang baca atau rak buku yang berisi buku-buku bacaan agar peserta didik tidak merasa bosan saat menunggu bimbingan belajar dimulai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30517

Actions (login required)

View Item View Item