Potensi komposit nano mnxfe3-xo4/pani/ac sebagai material penyerap gelombang radar / Wida Puteri Agista - Repositori Universitas Negeri Malang

Potensi komposit nano mnxfe3-xo4/pani/ac sebagai material penyerap gelombang radar / Wida Puteri Agista

Agista, Wida Puteri Agista (2023) Potensi komposit nano mnxfe3-xo4/pani/ac sebagai material penyerap gelombang radar / Wida Puteri Agista. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Radar Absorbing Materials (RAM) telah dianggap teknologi yang dapat membantu pengawasan keamanan wilayah negara. Maka diperlukan pengembangan material pembuatan RAM dalam arah peningkatan kinerja yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi komposit nano MnxFe3-xO4/PANI/AC sebagai material RAM. Metode sintesis yang digunakan yaitu koopresipitasi dengan karakterisasi penelitian berupa Uji XRD SEM FT-IR VSM dan VNA. Dalam penelitian telah berhasil komposit nano MnxFe3-xO4/PANI/AC disintesis menggunakan metode koopresipitasi. Hasil uji XRD menunjukkan tidak adanya puncak baru dari pengaruh doping Mn dengan variasi (x 0 s.d 1.2) dan didapatkan berupa ukuran kristal sebesar 14.3 nm - 7.0 nm. Hasil uji SEM menunjukkan morfologi membentuk agregat untuk MnxFe3-xO4 dan AC berbentuk granul. Hasil uji FTIR didapatkan pada bilangan gelombang 694-457 cm-1 gugus fungsi Fe-O dan 536 cm-1 gugus fungsi Mn-O N Q N pada bilangan gelombang 1148 cm-1 menunjukkan PANI garam emeraldine. Gugus fungsi ikatan C C quinoids dan benzoic pada bilangan gelombang 1505 cm-1 menunjukkan indikasi ikatan dari karbon. Hasil uji VSM sampel memiliki sifat superparamagnetic dengan nilai saturasi magnetik terbesar yaitu 36.21 emu/g pada variasi x 0. Hasil uji VNA diperoleh bahwa variasi x 1.2 memiliki tingkat reflection loss paling besar yaitu -42 dB pada rentang gelombang 8-12 GHz. Dari uraian hasil diatas menunjukan bahwa pemberian doping Mn berpengaruh pada potensi sampel komposit nano MnxFe3-xO4/PANI/AC untuk material gelombang penyerap radar. Diperlukan adanya penelitian lebih lanjut guna meningkatkan beberapa parameter sehingga di kemudian hari dapat digunakan sebagai material gelombang penyerap radar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305168

Actions (login required)

View Item View Item