Herawati, Indah Herawati (2022) Penerapan metode tutor sebaya sebagai sarana untuk meningkatkan hasil belajar materi fungsi komposisi siswa kelas x ips 4 sma negeri di batu. / Indah Herawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Herawati Indah. 2022. Penerapan Metode Tutor Sebaya Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Fungsi Komposisi Siswa Kelas X IPS 4 SMA Negeri di Batu. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Cholis Sa rsquo dijah M. Pd M. A. (II) Dr. Hery Susanto M. Si Kata kunci tutor sebaya hasil belajar fungsi komposisi Selama ini disekolah sekolah rata rata pembelajaran yang diterapkan adalah model konvensionl yang cenderung berpusat kepada guru sebagai sumber pengetahuan. Para peserta didik hanya diam dan mendengarkan apa yang diberikan oleh guru. Hal ini sebenarnya sudah berusaha diatasi dengan diadakannya berbagai macam pelatihan untuk guru. Namun pada pelaksanaannya masih banyak yang kembali ke model konvensional. Hal ini berimbas kepada pasifnya peserta didik didalam pembelajaran. Mereka cenderung enggan untuk berpendapat dan mengajukan pertanyaan kepada guru. Supaya para peserta didik aktif didalam pembelajaran salah satu metode yang dapat digunakan adalah tutor sebaya. Pada metode pembelajaran ini kerjasama antar anggota kelompok sangat dibutuhkan dan peran tutor sangat penting untuk berhasilnya suatu kelompok dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Siswa yang mempunyai kemampuan lebih baik secara akademik maupun komunikasi membimbing temannya sehingga tercipta interaksi tertentu antara anggota kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode tutor sebaya yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fungsi komposisi. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Batu tanggal 2 sampai 16 juni 2022. Dilaksanakan dalam 2 siklus dimana dalam satu siklus terdiri dari dua pertemuan selama 2x45 menit. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa langkah-langkah pembelajaran metode Tutor Sebaya yang dirancang oleh peneliti diterapkan oleh siswa dan guru dengan baik. Terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 16 7% dari siklus 1 sebesar 61 1% menjadi 77 8% di siklus 2. Siswa merespon dengan baik pelaksanaan metode tutor sebaya ini di kelas mereka sebanyak 77% menyatakan baik dan berharap bisa diterapkan juga di mata pelajaran yang lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/305148 |
Actions (login required)
View Item |