Pengembangan buku panduan menggambar untuk meningkatkan kreativitas menggambar tema hewan dengan bantuan bentuk dasar geometris pada anak usia Sekolah Dasar / Mellyana Kinwardani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku panduan menggambar untuk meningkatkan kreativitas menggambar tema hewan dengan bantuan bentuk dasar geometris pada anak usia Sekolah Dasar / Mellyana Kinwardani</p>

Kinwardani, Mellyana (2022) Pengembangan buku panduan menggambar untuk meningkatkan kreativitas menggambar tema hewan dengan bantuan bentuk dasar geometris pada anak usia Sekolah Dasar / Mellyana Kinwardani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kinwardani Mellyana. 2022. Pengembangan Buku Panduan Menggambar Untuk Meningkatkan Kreativitas Menggambar Tema Hewan dengan Bantuan Bentuk Dasar Geometris Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Tesis. Magister Keguruan Seni Rupa Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dr.Pujiyanto M.Sn (II) Dr.Johannes Ananto Prayogo M.Pd M.Ed Kata Kunci buku panduan kreativitas menggambar anak usia sekolah dasar Kreativitas menggambar hewan pada anak usia Sekolah Dasar umur 7 sampai 9 tahun pada program ekstrakulikuler menggambar di SDN 1 Ganungkidul masuk dalam kategori rendah. Kondisi dilapangan menunjukkan bahwa proses krativitas anak dalam menggambar hewan kurang bertumbuh kembang dengan baik. Data awal didapatkan bahwa anak masih cenderung kesulitan menggambar hewan. Kebanyakan dari mereka menggambar tema hewan yang sebelumnya sudah diberikan contoh dan cenderung mencontoh gambaran teman lain. Sehingga mereka terlihat tidak berani menuangkan dan mengeskplorasi pikiranya sendiri. Ketidak bertumbuh kembangnya krativitas menggambar pada anak dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah tidak adanya bahan ajar disekolah yang digunakan untuk menstimulus dan mengembangkan kreativitas menggambar pada anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk bahan ajar untuk mengembangkan kreativitas menggambar pada anak usia sekolah dasar dimana produk tersebut berupa buku panduan menggambar. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur dari penelitian dan pengembangan (Borg amp Gall). Tahap kegiatan penelitian meliputi (1) pengumpulan informasi data awal (2) perancangan penelitian (3) pengembangan format produk awal (4) uji coba awal (5) revisi produk (6) uji coba lapangan (7) revisi produk akhir dan (8) desiminasi dan implementasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instumen angket yang dianalisis secara diskriptif. Sedangkan untuk populasi yaitu anak-anak usia sekolah dasar umur 7 sampai 9 tahun dimana mereka yang mengikuti program ekstrakulikuler menggambar di SDN 1 Ganungkidul. Hasil dari penelitian menunjukkan hasil akhir sebuah buku bahan ajar yang berisikan tentang panduan menggambar hewan dengan bantuan bentuk dasar geometris serta hasil penelitian menunjukkan buku panduan menggambar jika dilihat dari seluruh aspek yang telah ditentukan adalah layak untuk digunakan. Setelah melakukan uji coba didapatkan hasil untuk uji validitas ahli materi sebanyak 94 4% dan untuk ahli media prosentasenya sebanyak 93% sedangkan untuk presentase kelayakan pada uji skala kecil sebesar 85% dan kemudian naik menjadi 92% pada uji coba pengguna dalam skala luas. Dari hasil rekapitulasi data tersebut menunjukkan bahwa produk termasuk dalam kategori sangat layak bagi anak-anak. Sehingga buku panduan menggambar ini sangat efektif untuk mengembangkan kreativitas menggambar hewan pada anak usia sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S2 Keguruan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305147

Actions (login required)

View Item View Item