Kajian <em>food photography</em> dan dampaknya terhadap ketertarikan konsumen di kafe Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar / Dhimas Galih Permadi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian <em>food photography</em> dan dampaknya terhadap ketertarikan konsumen di kafe Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar / Dhimas Galih Permadi</p>

Permadi, Dhimas Galih (2022) Kajian <em>food photography</em> dan dampaknya terhadap ketertarikan konsumen di kafe Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar / Dhimas Galih Permadi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Galih P. Dhimas. 2022. Kajian Food Photography dan Dampaknya Terhadap Ketertarikan Konsumen di Kafe Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Tesis Departemen Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Iriaji M.Pd. dan Dr. Wida Rahayuningtyas S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Kajian food photography dampak konsumen. Food photography merupakan salah satu cabang seni dalam keilmuan fotografi yang bertujuan untuk mengabadikan momen atau wujud visual estetik dari produk kuliner. Pada umumnya food photography ditandai dengan makanan dan minuman sebagai objek utama yang diatur atau didesain sedemikian rupa sehingga mampu menggambarkan lezatnya makanan dan minuman tersebut tanpa bercerita dan hanya gambar yang berbicara. Permasalahan yang menjadi fokus utama adalah kajian gaya desain food photography dan dampaknya terhadap minat konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menelaah mengenai penerapan teknik food photography serta dampak yang diberikan terhadap ketertarikan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif sebagaimana dirancang oleh peneliti bahwa sampel penelitian dilakukan di kafe yang ada di Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Keseluruhan data bersumber dari berbagai informan diantaranya owner fotografer dan konsumen pada masing-masing kafe dengan teknik pengumpulan data berupa observasi wawancara serta studi dokumen pada akun instagram kafe. Data yang diperoleh telah dilakukan uji keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik untuk mencapai target validitasnya. Selanjutnya metode analisis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah interaksi dan interpretasi dimana dapat disimpulkan bahwa penelitian ini merupakan pengolahan visual verbal sehingga mendapatkan hasil berupa kajian food photography dengan spesifikasi yang diterapkan sesuai dengan prinsip desain dimana pengambilan gambar memiliki tujuan tertentu yaitu menyampaikan pesan dari fotografi makanan dan minuman yang berdampak terhadap ketertarikan konsumen. Hasil penelitian ini ditunjukkan melalui citra yang muncul dari sebuah karya food photography yaitu mengenai persepsi dan keyakinan yang diberikan kepada konsumen. Sehingga menimbulkan asosiasi positif pada ingatan konsumen akan ketertarikan terhadap produk makanan dan minuman tersebut yang kemudian ditindaklanjuti berupa aktivitas konsumtif yaitu membeli produk tersebut. Melalui penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengalaman bagi penulis dalam mengkaji keilmuan food photography yang berkelanjutan dengan tujuan untuk menghasilkan kaidah perkembangan keilmuan food photography dari masa ke masa. Selain itu juga diharapkan dapat bermanfaat bagi lapisan masyarakat yaitu mengedukasi atau memberikan sumbangan ilmu bagi para pebisnis kafe untuk selalu update dalam mempromosikan produknya sesuai dengan perkembangan keilmuan khususnya perubahan akan gaya desain yang terus berkembang dalam dunia food photography.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S2 Keguruan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305144

Actions (login required)

View Item View Item