Interpretasi karya poster siswa sekolah menengah kejuruan kota pasuruan / YUDHA PRIHANTANTO - Repositori Universitas Negeri Malang

Interpretasi karya poster siswa sekolah menengah kejuruan kota pasuruan / YUDHA PRIHANTANTO

Prihantanto, Yudha Prihantanto (2022) Interpretasi karya poster siswa sekolah menengah kejuruan kota pasuruan / YUDHA PRIHANTANTO. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian kualitatif ini menguraikan tentang poster karya siswa Sekolah Menengah Kejuruan se-Kota Pasuruan. Menggunakan purposive sampling dalam pengumpulan data. Terdapat sepuluh Sekolah Menengah Kejuruan negeri maupun swasta di Kota Pasuruan. Setiap sekolah diambil lima karya poster berdasarkan kriteria kelayakan poster sesuai rekomendasi guru seni budaya ataupun guru produktif yang terkait dalam pembelajaran poster. Maka ada lima puluh karya poster siswa Sekolah Menengah Kejuruan se-Kota Pasuruan. Kemudian di klasifikasikan berdasarkan teori gaya layout Feasley dan Stuart yang berjumlah sepuluh jenis gaya layout. Selanjutnya melalui semiotika Charles Sanders Peirce dikaji beberapa aspek yang meliputi (1) Bagaimana tanda (representament) yang digunakan dalam poster karya siswa sebagai sumber belajar pada pelajaran seni budaya di Sekolah Menengah Kejuruan se Kota Pasuruan (2) Bagaimana pemaknaan objek (object) poster karya siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Pasuruan (3) Bagaimanakah makna konsep (interpretant) yang digunakan dalam poster setelah mengapresiasi poster karya siswa pada pelajaran seni budaya di Sekolah Menengah Kejuruan Se Kota Pasuruan . Hasil penelitian ini diuraikan secara detail yang meliputi (1) Pemahaman siswa tentang tanda (representament) lsquo sebagai persepsi dasar rsquo penerapan elemen desain pada poster karya siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Pasuruan berkaitan dengan kaidah pemahaman yang masih konvensional (2) Pemahaman siswa tentang pemaknaan objek (object) pada poster karya siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Pasuruan berkaitan dengan pemahaman fakta yang terbentuk karena adanya konvensi (3) pemahaman siswa mempresentasikan makna konsep (interpretant) dalam penerapan visual berkaitan adanya kemungkinan dengan kaidah tertentu yang berlaku di lingkungannya. Maka diantara hasil temuan penelitian penerapan poster karya siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Pasuruan ditinjau dari semiotika visual Charles Sanders Pierce terdapat berbagai kemungkinan adanya faktor yang mempengaruhi diantaranya (a) adanya korelasi proses kreatif dan pengetahuan siswa dalam penerapan elemen visual yang digunakan dalam poster berdasarkan penugasan pelajaran maupun kebutuhan diluar pembelajaran (b) diperlukannya bimbingan keterampilan dan pengetahuan tentang penerapan elemen desain pada poster sebagai sarana komunikasi visual (c) kurangnya pemahaman pengetahuan visual dalam penerapan poster sebagai media komunikasi baik dalam pembelajaran maupun interaksi dengan masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S2 Keguruan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305139

Actions (login required)

View Item View Item