Pengembangan buku <em>digital flipbook</em> untuk pembelajaran Bahasa Jerman SMA Kelas XI / Dian Adi Pratiwi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku <em>digital flipbook</em> untuk pembelajaran Bahasa Jerman SMA Kelas XI / Dian Adi Pratiwi</p>

Pratiwi, Dian Adi (2022) Pengembangan buku <em>digital flipbook</em> untuk pembelajaran Bahasa Jerman SMA Kelas XI / Dian Adi Pratiwi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pratiwi Dian Adi. 2022. Pengembangan Buku Digital Flipbook untuk Pembelajaran Bahasa Jerman SMA Kelas XI. Tesis Program Studi Keguruan Bahasa Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof Dr. Primardiana H. Wijayati M.Pd. (2) Dr. Rizman Usman M.Pd. Kata kunci Bahasa Jerman buku digital Flipbook pembelajaran bahasa. Semakin berkembangnya teknologi ada banyak sekali media yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Buku digital berupa Flipbook merupakan salah satu media berbasis digital yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Flipbook merupakan sebuah publikasi digital yang dapat memuat teks gambar audio serta video. Latihan untuk mengasah keterampilan berbahasa yang disajikan dalam Flipbook adalah semua keterampilan berbahasa sesuai dengan jenjang yang ditempuh yaitu Level A1. Materi dalam flipbook ini berkaitan dengan tema Wohnung beserta komponen materi yang terkait di dalamnya. Tujuan penelitan dan pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah media pembelajaran berupa Flipbook dalam pembelajaran Bahasa Jerman SMA Kelas XI. Pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan Cennamo and Kalk (2019) yang terdiri dari 5 langkah runtut serta berkesinambungan. Langkah tersebut adalah (1) Define (2) Design (3) Demonstrate (4) Develop serta (5) Deliver. Penelitian ini menghasilkan sebuah buku digital Flipbook yang berperan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran. Flipbook dapat diakses menggunakan koneksi internet dengan berbagai macam gawai seperti ponsel laptop maupun komputer. Pembahasan yang ditampilkan dalam tema tersebut antara lain (1) Tipe atau jenis tempat tinggal di Jerman beserta nama ruangan (2) Benda-benda yang ada di dalam tempat tinggal beserta letaknya (3) Iklan singkat yang berkaitan dengan sewa tempat tinggal (4) Teks monolog dan dialog yang terkait dengan deskripsi tempat tinggal serta (5) Komik dengan sajian dialog untuk berpendapat tentang tempat tinggal. Gramatik yang disajikan pada Flipbook ini adalah Possessiveartikel im Nominativ. Terdapat satu buah kuis interaktif dari laman Learningappsyang dapat diakses melalui tautan maupun memindai barcode. Kuis interaktif yang disajikan berupa mencocokkan gambar dengan nama yang tepat. Terdapat pula satu buah penugasan untuk mengunggah tulisan singkat pada laman Padlet. Skor yang diberikan oleh validator media sebesar 80% validator materi sebesar 77 5% praktisi sebesar 85% serta responden uji coba sebesar 87 2%. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan diperoleh hasil bahwa Flipbook masuk dalam kategori valid. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak diaplikasikan dalam pembelajaran bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305126

Actions (login required)

View Item View Item