Febrianto, Gigih Latianda (2022) Pengembangan e-modul berbasis game based learning mata pelajaran Bahasa Jawa materi berbicara bahasa krama di Sekolah Dasar Nganjuk / Gigih Latianda Febrianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Bahan ajar merupakan bagian yang sangat menentukan capaian pembelajaran yang diinginkan pembelajaran bahasa jawa materi bahasa krama membutuhkan metode yang tepat untuk mengatasi masalah pembelajaran yang membosankan diperlukan bahan ajar yang mampu menunjang proses pembelajaran memusatkan perhatian siswa dan membuat siswa termotivasi serta aktif dalam pembelajaran bahasa jawa materi berbicara bahasa krama. Tujuan dari pengembangan ini yaitu menghasilkan bahan ajar e-modul berbasis game based learning mata pelajaran bahasa jawa materi berbicara bahasa krama untuk siswa kelas V sekolah dasar agar pembelajaran lebih layak menarik dan praktis dalam meningkatkan kemampuan kosakata siswa. Penelitian ini merujuk pada model pengembangan Lee amp Owens. Model pengembangan ini khusus digunakan untuk mengembangkan produk berbasis multimedia. Dengan menggunakan model yang prosedural dan setiap langkahnya tersusun secara sistematis cocok digunakan untuk mengembangkan bahan ajar. Prosedur pengembangan Lee amp owens yaitu 1) assessment/analysis 2) design 3) development 4) implementation dan 5) evaluation. Subjek penelitian yaitu 15 siswa kelas V SDN Kebonagung 2 Nganjuk. Alat ukur yang digunakan dalam pengembangan ini angket ahli game based learning bahan ajar materi angket respon siswa dan soal pretest dan posttest untuk mengukur keefektifan bahan ajar e-modul berbasis game based learning. Hasil pengembangan memperoleh bahwa (1) e-modul berbasis game based learning dinyatakan layak berdasarkan hasil uji validasi ahli game based learning bahan ajar dan materi. Hal ini dibuktikan dengan penilaian ahli game based learning didapatkan skor pada angka 0.86 ahli bahan ajar 0.92 dan ahli materi 0.94 (2) tingkat kepraktisan dan kemenarikan bahan ajar e-modul berbasis game based learning ini termasuk dalam kategori sangat baik berdasarkan hasil angket respon siswa mendapatkan skor pada angka 0.938. Berdasarkan dari hasil penelitian yang diperoleh disimpulkan bahwa bahan ajar e-modul berbasis game based learning dinilai efektif digunakan dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar bahasa jawa materi bahasa krama siswa. berdasarkan hasil uji paired samples t-test terhadap nilai pretest dibandingkan dengan nilai posttest siswa hasil pengujian diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0 000 atau kurang dari 0 05 sehingga dapat dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada pretest dan posttest. Perbedaan tersebut membawa pada kesimpulan keefektifan pembelajaran serta dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga menghasilkan proses belajar yang baik. Saran pada bahan ajar e-modul berbasis game based learning dapat menjadi alternatif bahan ajar untuk memberikan motivasi kepada siswa dalam proses belajarnya dan membuat pembelajaran bahasa jawa materi bahasa krama lebih menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Dec 2022 04:29 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 06:54 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/305102 |
Actions (login required)
View Item |